Pilih Ketua Abang Becak Gelar Coblosa

kotatuban.com – Paguyuban Tukang Becak Wisata Sunan Bonang (PTBWSB) Kabupaten Tuban menggelar Pemilihan Ketua untuk periode 2018-2021, Rabu (14/11) di Terminal Wisata Sunan Bonang, Kelurahan Kebonsari  Tuban. Dari total 500 tukang becak, sebanyak 397 orang memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disediakan.
Ketua Panitia Penyelengara Pemungutan Suara, Budianto mengungkapkan bahwa pemilihan ketua dengan metode pemungutan suara atau coblosan semacam ini baru pertama kali dilakukan. Di samping itu, jumlah pemilih tersebut melebihi ekspetasi panitia. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran dan antusias tukang becak tentang pentingnya demokrasi semakin tinggi.
“Bahwa pemilihan ini menunjukkan bahwa tukang becak dapat diatur dan dididik sesuai dengan regulasi yang ada. Kami ingin merubah citra negative tukang becak selama ini. Tukang becak saat ini sadar bahwa demokrasi itu penting,” ungkapnya.
Dalam pelaksanaan pemilihan, Budianto menerangkan bahwa panitia pemilihan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Bhabinsakamtibmas, pemerintah Kecamatan dan Kelurahan. Dengan demikian, pelaksanaan pemilihan dapat berjalanj lancar.
“Pasca pemilihan ini, paguyuban tukang becak akan dikelola dengan lebih baik. Akan didirikan Koperasi untuk tukang becak, serta akan disusun AD/ART serta peraturan mengenai PTBWSB,” ujarnya.
Berdasarkan hasil perhitungan suara, Nur Fachrudin memperoleh suara terbanyak, yaitu 234 suara. Sedangkan, pesaingnya yaitu Ratim mendapat 140 suara dan Rudi memperoleh 16 suara. Sementara, sebanyak 7 surat suara dinyatakan tidak sah.
Atas hasil tersebut, Nur Fachrudin merasa bersyukur dan berterimakasih atas tanggungjawab tersebut.  Menurutnya, pelaksanaan pemungutan suara yang lancar dan damai menjadi bukti bahwa tukang becak mampu mematuhi aturan yang ada.
“Saya berharap para tukang becak dapat memperoleh pembinaan yang lebih dari Pemkab Tuban. Sehingga kesejahteraan tukang becak dapat lebih ditingkatkan,” harap ketua paguyuban becak terpilih tersebut. (rto)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban