Polda Banten “Belajar” IT ke Polres Tuban

Polda Banten studibanding di Polres Tuban terkait IT
Polda Banten studibanding di Polres Tuban terkait IT

kotatuban.com – Polda Banten melakukan study banding ke Polres Tuban terkait inovasi pelayanan publik berbasis Teknologi Informasi (TI), aplikasi Sistem Siaga Bumi Wali (SIBI). Rombongan dari Polda Banten langsung mengunjungi ruang Command Centre operator SIBI kedatangan tamu dari Polda Banten untuk mengetahui lebih jauh terkait aplikasi SIBI, Kamis (15/09).

Dalam kunjungannya, rombangan yang dipimpin oleh Wadir Sabhara Polda Banten AKBP Nur Rohman melihat langsung pengaplikasian SIBI dan kinerja operator di Command Centre Polres Tuban.  Mulai dari reaksi cepat pengaduan masyarakat, aplikasi panic button, CCTV online, hingga menyaksikan langsung saat operator merespon laporan warga melalui SIBI.

”Kita dengar SIBI ini setelah dilaunching Kapolri beberapa waktu yang lalu. Aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh masyarakat, dan saya lihat lengkap dan cukup bagus untuk pelayanan publik,” ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya akan mempelajari kekurangan dan kelebihan dari aplikasi SIBI ini. Selanjutnya, Polda Banten akan segera merencanakan aplikasi pelayanan yang serupa sebagai wujud penjabaran program Promoter Kapolri.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad saat mendampingi kunjungan tersebut menjelaskan berbagai fungsi yang dimiliki oleh aplikasi SIBI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sejak dilaunching Kapolri pada 1 September 2016 yang lalu, pengguna SIBI sudah mencapai sekitar 3500 pengguna.

”Sebelum dari Polda Banten ini, sudah ada beberapa Polres yang menjadikan SIBI sebagai rujukan program, dan saat ini beberapa diantaranya sudah dalam proses pembuatan aplikasi berbasis TI,” terang Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Tuban mengatakan, pihaknya sangat membuka diri dengan kedatangan tim dari Polda Banten ini. Selain silaturahim, juga bisa saling memberi masukan satu sama lain, sehingga dapat terus meningkatkan pelayanan publik berbasis TI.

”Tentu saja kami sangat bangga, bukan hanya karena SIBI direspon bagus oleh berbagai pihak. Tapi juga karena aplikasi SIBI ini yang membuat benar-benar putra daerah atau anak Tuban sendiri,” pungkasnya. (duc)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.