Rujak Dangdut Ramaikan HUT RI di Desa Pucangan

Suasana meriah lomba rujak dangdut di Desa Pucangan, Kecamatan Montong
Suasana meriah lomba rujak dangdut di Desa Pucangan, Kecamatan Montong

kotatuban.com – Banyak cara dilakukan warga untuk merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemdekaan Republik Indunesia (RI), dari sekedar menghias lingkungan dengan pernak pernik kemerdekaan, seperti bendera dan umbul-umbul merah putih hingga berbagai kegiatan lomba untuk meramaikan HUT RI ke 71.

Salah satu kegiatan peringatan HUT RI seperti yang dilakukan panitia HUT RI ke 71 di Desa Pucangan, Kecamatan Montong. Mereka menggelar lomba cukup unik, yakni Rujak Dangdut. Selain khusus unbtuk ibu-ibu, saat mereka membuat rujak diiringi dengan lagu dangdut. Peserta loma juga diwajibkan bergoyang mengikuti irama musik sambil membuat rujak. Tak ayal gelak tawa dari penonton dan peserta memenuhi lokasi lomba.

“Tidak hanya membuat rujak, para juri juga mewajibkan peserta lomba bergoyang mengikuti irama musik dangdut yang diputar, jadi sambil bikin rujak sambil bergoyang,” ujar Kepala Desa Pucangan, Santiko, Selasa (16/08).

Riuh ramai dicampur gelak tawa mewarnai sepanjang lomba membuat rujak. Pasalnya para ibu yang kebanyakan tidak memiliki bakat berjoget dan bergoyang terkesan seadanya saat menggeraka tubuhnya mengikuti alunan musik dangdut. Tidak heran, aksi lucu para ibu ini mengundang tawa para penonton dan juri kegiatan.

“Lucu sekali, saat musik diputar para ibu ini langsung berjoget dan meninggalkan ulekan rujak mereka, dan akan kembali membuat rujak setelah music berhenti,” terang Santiko.

Menurut dia, kegiatan lomba tersebut untuk mengisi sekaligus meramaikan  HUT RI ke 71. Selain itu juga untuk menjaga tali silaturahmi antar warga sekaligus memupuk persatuan dan kesatuan sebagaimana tercermian dalam lambang Negara Indonesia.

Adapun dalam kegiatan tersebut, setiap kelompok terdiri dari tiga orang ibu yang mewakili lingkungan mereka masing-masing. ”Ada 26 RT di desa kami, dan masing-masing membawa tiga perwakilan untuk membuat rujak.

Tidak hanya keseruan atau aksi berjoget yang dinilai dalam lomba Rujak Dangdut tersebut, namun, rasa rujak dan penampilan menyajikan rujak menjadi penilaian tersendiri dalam lomba itu. (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.