Semen Indonesia Tingkatkan Kompetensi Tukang Bangunan

kotatuban.com – PT Semen Gresik, grup PT Semen Indonesia (SI) latih 124 pekerja bangunan (tenaga kontruksi) dari 18 kecamatan, di Kabuaten Tuban.

Pelatihan yang mendatangkan instruktur ahli dibidang bangunan dan kontuksi itu dilaksanakan di salah satu ruang pertemuan, hotel di Tuban. Hadir dalan kegiatsn itu, Kepala DInas PU Provinsi Jawa Timur, Gentur Prihantono, yang juga membuka langsung pelatihan selama dua hari tersebut.
Kepala Divisi, Komunikasi dan Pemasaan, PT Semen Gresik, Wachid Fahryan Danu dalam sambutannya mengatakan, pelatihan sekaligus sertifikasi bagi para tukang tersebut sebagai bentuk penghargaan, serta kepedulian perusahaan terhadap provesi para tukang, yang merupakan mitra sertasahabat  PT Semen Gresik selama ini. Pelatihan dan sertifikasi tersebut juga sebagai upaya peningkatan kualitas kemampuan serta kompetensi para tukang menghadapi Masyakat Ekonomi Asia (MEA).
 
“Melalui kegiatan ini tukang bagunan di Tuban dapat menimba banyak ilmu langsung dari ahlinya. Diharapkan berbekal dari pelatihan dan sertifikasi ini, kemampuan peserta meningkat untuk memperoleh nilai tambah yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Dan ini sekaligus mendorong agar para tukang di daerah memiliki daya saing menghadapi MEA,” kata Wachid Fariyan Danu, Rabu (16/11) usai pembukaan.
 
Kegiatan pelatihan dan sertifikasi itu sendiri merupakan sinergi antara PT Semen Gresik, bersama Dinas PU Provinsi Jawa Timur. Hari pertama berbagai materi dan teori diberikan. Sementara hari kedua merupakan praktek untuk mendapatkan sertifikasi.

“Sampai hari ini sudah sekitar 12 ribu tukang yang mendapat pelatihan dari PT Semen Gresik, dan sekitar 5000 sudah memiliki sertifikasi oleh Lembaga Penyedia Jasa Kontruksi (LPJK),”  imbuh Danu.

 
Untuk diketahui, program pelatihan tenaga kuntruksi merupakan program rutin perseoran sejak 2006. Hingga tahun ini, kegiatan itu telah berjalan selama sepuluh tahun.Sepanjang sepuluh tahun itu komunitasnya telah mencapai 11.857 orang. Ditambah pelatihan yang dilakukan hari ini di Tuban jumlahnya mencapai 11.981 orang (pekerja bangunan).

Sementara itu Anto, seorang peserta asal Kecamatan Jenu mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan Semen Gresik ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu. Dengan begitu kemampuannya semakin baik.

“Saya akan belajar dengan baik, ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi nanti ada sertifikatnya,”  kata Anto.
(kim).

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.