Soal PKL, DPRD Studi ke Sidoarjo

kotatuban.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban studi penataan Pedagang Kaki Lima ke Kabupaten Sidoarjo. Studi ini sebagai langkah awal penataan PKL di Tuban yang belum tertata dengan baik.

“Kami berangkat studi agar dapat menerapkan penataan PKL di Tuban,” kata Ketua Komisi B DPRD Tuban Karjo, Selasa (20/12).

Karjo menjelaskan, dipilih Sidoarjo sebagai tempat belajar atau studi karena daerah itu dianggap sudah cukup baik dalam penataan PKL. Salah satunya dengan menempatkan zonasi khusus PKL di tempat umum atau melibatkan swasta dalam pengelolaan PKL.

“Sebenarnya hampir sama permasalahan PKL di setiap daerah, hanya saja kami ingin nantinya Tuban melibatkan swasta dalam pengelolaan PKL, artinya PKL itu harus punya ruang sekalipun di lokasi milik swasta,” jelas Karjo.

PKL di Kabupaten Tuban, lanjutnya, masih sulit diatur. Bahkan di beberapa titik keberadaan PKL ini sudah sangat mengganggu, salah satunya di kawasan seputaran Alun-Alun yang akhirnya terlihat kumuh karena tenda-tenda PKL.

“Memang mengganggu tapi mereka ini harus tetap diberdayakan, tidak sekedar diobraki tapi di sediakan ruang,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, untuk menata PKL ini terutama yang berada di sekitar Alun-Alun,  pemerintah mestinya tegas, karena di daerah itu juga sudah dibuatkan zonal PKL yang saat ini fungsinya mulai tidak jelas.

“Kalau perlu dimaksimalkan kembali Kedatum yang sebelumnya dibangun untuk PKL itu,” tegas Karjo. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.