Stok Darah PMI Cabang Tuban Aman

_mg_9158kotatuban.com-Stok daraah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tuban aman. Hingga hari ini, stok darah yang di catat di papan informasi PMI masih ada 301 kantung berbagai golongan (A, AB dan O). Dengan rincian golongan darah AB 47 kantung,  golongan B 104 kantung, golongan darah O 45 kantung dan golongan A sebanyak 105 kantung.

Humas dan Bagian Pencari Pelestari Donor Dadar Sukarela (P2B2S) PMI Cabang Tuban, Agus Hardjunadi mengatakan, setiap bulan PMI cabang Tuban melayani kebutuhan darah untuk wilayah Tuban dan luar wilayah rata-rata 900 kantung darah perbulan. Jumlah itu didapat dari pendonor sukarela baik perorangan maupun yang terkordinaasi oleh kelompok maupun instansi.

“Sampai saat ini aman, karena kami maasih memiliki cadangan 301 kantung, dan sampai tanggal 19 Sebtember  ini ada 493 pendonor yang masuk,” kata Agus.

Dijelaskan Agus, untuk memenuhi kebutuhan sebanyak 900 kantung perbulan itu, PMI Tuban tidak jarang meminta kesediaan komunitas dan instansi agar bersedia berdonor. Sbab PMI Tuban tidak hanya memberikan pelayanan bagi keperluan darah di Tuban, akan tetapi, juga luar wilayah, seperti Lamongan dan Bojonegoro.

“Yang sering dari rumah sakit atau klinik di Lamongan, kalau Bojonegoro jarang. Rata-rata setiap bulan kita melayani 900 kantong, kalau per harianya tdak pasti ada,”  jelasnya.

Upaya pelestarian donor juga terus dilakukan PMI Cabang Tuban, dengan melakukan sosialisasi termasuk menyampaikan ke masyaakat manfaat  kesehatan dari berdonor hingga manfaat bagi kemanusiaan.

“Untuk memenuhi itu kami selalu mencari, mulai karyawan perusahaan maupun komunitas, kita jelaskan juga manfaatnya agar mereka bersedia donor,” imbuh Agus. (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.