Sumur Tapen Ditarget Tes Produksi Agustus

Sumur Tapen 02 di Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori
Sumur Tapen 02 di Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori

kotatuban.com-Proses pemboran sumur Tapen 02 oleh Pertamina Eksplorasi Produksi (Pertamina EP) Aset IV, Field Cepu, di Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori mencapai dikebut. Ditargetkan pada Agustus mendatang dilakukan tes produksi.

“Mudah-mudahan total depth bisa selesai lebh cepat, setelahnya akan dilakukan komplesi sumur, harapan kami sesuai drilling timenya,” ujar Field Manager Pertamina Eksplorasi Produksi Agus Amperianto, Senin (25/07).

Saat ini, proses pemboran sumur Tapen 02 yang dimula pada pertengahan Juni lalu telah memasuki setengah bagian lebih dari total depth, yakni, 3000 meter atau pada kedalaman 1.933 menuju 2.011 meter, dan akan dilanjutkan menuju kedalaman 2.229 meter.

Agus menjelaskan, dalam tahapan ini proses directional drilling (pemboran beralah) harus dilakukan dengan hati-hati, dikarenakan lubang yang dibuat tidak boleh meleset dari target yang direncanakan untuk menuju formasi produktifitasnya.

“Untuk itu selalu dikontrol, untuk melihat sudut kemiringan lubang dan arah lubangnya, dari control dan survey itu anti akan diperoleh data kemiringan, kedalaman dan arah lubang,” terang Agus.

Lebih lanjut dijelaskan, directional drilling memang lebih rumit dibandingkan dengan straight hole. Karena pemboran berarah ini menggunakan alat pembelok, melakukan survey. Selain itu lubang yang dibuat lebih panjag, serta perencanaan menggunakan prinsip matematis rumit.

“Karenanya, proses bisa lebih lama dari target, mohon doa restunya semua berjalan lancar sesuai harapan,” jelasnya.

Diketahui sumur tapen 02 yang lokasinya tidak jauh dari sumur tapen 01 dan 03 didesa Sidoharj, Kecamatan Senori itu diperkirakan mampu memproduksi 250 barel minyak per hari, dengan masa produktif hingga 10 tahun, meski dalam perjalanan waktu terdapat penurunan hingga 10 persen. (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.