Tingkatkan Minat Baca, Perluas Perpustakaan Umum di Kecamatan

Suasana perpustakaan umum di Tuban
Suasana perpustakaan umum di Tuban

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban terus berupaya meningkatkan dan menumbuhkan minat baca masyarakat guna memperluas pengetahuan. Upaya pengembangan minat baca tersebut ditandai dengan perluasan fasilitas baca dan pelayanan perpustakaan umum di beberapa kecamatan di Tuban.

“Pemerintah merencanakan untuk pendirian kantor atau tempat baca di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban,” terang Plt Kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Tuban, Budi Irwanto, Rabu (11/10).

Dijelaskan, pada tahun 2017 mendatang, pemrintah kabupaaten akan membangun tiga kantor perpustakaan di kecamatan. Anggaranya sudah dialokasi di APBD 2017 tahun depan.

“Perluasan pelayanan itu untuk memberikan pemahaman bahwa membaca itu sangat penting untuk kemajuan suatu daerah, serta menambah wawasan,” papar Budi ini.

Adapun tiga kecamatan yang sudah menjadi prioritas utama ialah Kecamatan Palang, Bancar dan Widang. Karena ketiga kecamatan tersebut sudah ada gedung dan lahan kosong yang siap dialih fungsikan menjadi kantor perpustakaan.

“Sampai hari ini dikecamatan sudah ada 6 kantor perpustakaan, diharapkan sampai tahun 2021 semua kecamatan memiliki kantor perpustakaan,” imbuh Budi.

Tidak hanya pembangunan gedung perpustakaan, fasilitas dan ragam buku juga akan ditingkatkan guna menarik minat pembaca.

”Kita juga ingin menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar yang nyaman bagi masyarakat,” pungkasnya. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.