Rasul Tuban Dampingi Lomba Olahraga Tradisional Tingkat Nasional

Lomba Dagongan tingkat Kabupaetn Tuban
Lomba Dagongan tingkat Kabupaetn Tuban

kotatuban.com– Rasul asal Tuban, pembina olahraga tradisional Bumi Wali bakal dampingi tim olahraga taradisonal Tuban dalam lomba tingkat nasional. Tim olahraga tradisonal asal Tuban sebagai juara I Jawa Timur didapuk mewakili Jawa Timur di lomba tingkat nasional. Even olahraga tradisional itu bakal dihelat di Makasar, Sulawesi Selatan pada 23 Oktober hingga 26 Oktober untuk cabang olahraga Sumpitan (tulup. Sementara untuk cabang Terompah Panjang dan Dagongan dihelat di Bali pada 8 Oktober hingga 11 Oktober mendatang.

“Alhamdulillah atlet dari Tuban bakal mewakili Jawa Timur di kancah nasional. Kami mohon doa warga Tuban agar atelt asal Bumi Wali bisa menjadi juara dan mengharumkan nama Tuban atau Jawa Timur,” terang Rasul, pembina oalahrga Tradisonal Tuban.

Ditambahkan lelaki yang juga menjabat Kepala Seksi (Kasi) Bidang Pemuda, Pordikmas dan Jarahnitra Disdikpota Tuban itu, dengan menjadi juara nantinya Tuban bakal mewakili lomba yang sama di kancah Internasional.

Lomba Egran Putri tingkat Kabupaten Tuban
Lomba Egrang Putri

Olahraga ini meski tidak setenar sepakbola atau bola voli dan olahraga lainnya, namun, pihaknya bertekad mengembangkan olahraga yang tidak populer di kalangan generasi muda. Bahkan, pihaknya kini tengah mengadakan lomba olahraga tradisional tingkat kabupaten. Langkah ini dilakukan, selain untuk mencari bibit-bibit unggul untuk regenerasi juga berharap olahraga yang tidak populer ini menjadi populer dan diminiati generasi muda. Lomba olahraga tradisional itu digelar di GOR Ranggajaya Anoraga dan dikuti siswa-siswi tingkat SLTP dan SLTA se Kabupaten Tuban.

Olahraga yang dilombakan kali ini diantaranya, Halang Rintang atau dikenal Gobag Sodor yang dikuti 29 (pa) dan 31 (pi), Egrang (31 (pa) dan 19 (pi). Terompah Panjang untuk putra diikuti 30 regu dan untuk putri diikuti 28 regu.

Sementara untuk olahraga Dagongan dibagi dalam kelas A,B,C dan D. Masing diikuti, 7 (pa) dan 8 (pi), 13 (pa), 9 (pi), 8 (pa), 8 (pi), 8 (pa) dan 7 (pi). Masing-masing lomba ini akan diambil juara 1,2 dan 3.

“Untuk tahun depan lombanya akan kita tambah dengan Sumpritan. Sekarang ini yang terpenting olahrga ini bisa mengena dulu di hati para siswa dan generasi muda pada umumnya,” tambah Rasul yang baru saja mendapat penghargaan Pemibina Olaharga Terbaik Tingkat Jawa Timur dari Gubernur Soekarwo. (duc)

 

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban