Ratusan Ribu Peziarah Padati Haul Sunan Bonang

kotatuban.com – Alun-Alun Tuban penuhh sesak dengan warga yang ingin mengikuti pengajian umum Haul Sunan Bonang ke 507 di Tuban. Meski, sempat diguyur hujan tak menyurutkan semaraknya malam puncak perayaan Haul Sunan Bonang yang diperingati setiap malam Juma’at Wage di bulan Muharram .

Sejak Rabu (19/10) warga dari luar vdaerah Tuban sudah mulai berdatangan dan melakukan ziarah di makam Sunan Bonang. Bahkan, sejak Kamis (20/10) pagi beberapa akses masuk menuju makam pun sudah dipadati ratusan ribu peziarah dari berbagai kota sejak pagi.

“Malam ini adalah puncak kegiatan haul,” kata Ketua Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Tuban, KH. Ahmad Mundzir, Kamis (20/10).

Sebelumnya, kata dia, berbagai kegiatan dilakukan dalam rangkaian acara Haul Sunan Bonang Tuban ke-507. Kegiatan dimulai Sabtu (1/10) dengan diawali pembukaan Festival Muharram yang digelar di Lokasi di Alun-Alun Tuban.

Setelah itu dilanjutkan pawai ta’aruf dan karnaval, kemudian pada tanggal 6/10/2016 diadakan acara Seminar Santri Bela Negara. Semaraknya kegiatan haul tahun ini juga dipengaruhi dengan adanya kegiatan Hari Santri Nusantara.

“Hari Santri Nusantara juga banyak kegiatan. Bahkan, festival Muharom juga kita bersamakan dengan Haul Sunan Bonang, sehingga, saling sambung menyambung. Haul Sunan Bonang merupakan event terbesar tahunan masyarakat Tuban,” tutur Mundzir. (yit)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban