Rawan Bocor, Sekdes Dibekali Pengelolaan Dana Desa 

image
Plt Sekda Tuban, Budiwiyana

kotatuban.com – Sekretaris Desa (Sekdes) di Kabupaten Tuban menerima bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas pengelolaan dana desa. Bimtek peningkatan kapasitas tersebut diikuti oleh 30 Sekdes yang ada di Kabupaten Tuban, Selasa (17/03).

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kebupaten Tuban, Budiwiyana, dalam samputannya pada pembukaan diklat Sekdes tersebut mengungkapkan, tugas dan tanggungjawab Sekdes semakin besar. Terutama dengan akan adanya dana desa yang mengucur ke semua desa, dengan jumlah yang besar dari Anggran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

”Anggaran dana desa itu besar, dan  menjadikan tanggungjawab Sekdes yang besar juga. Sehingga harus disikapi dengan perencanaan dan pengelolaan yang tepat dan cermat. Yang harus dilakukan dengan selalu tertib administrasi, sehingga penggunaan dana benar-benar bisa dipertanggung jawabkan,” terang, pria yang juga menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Tuban tersebut.

Menurutnya, keberadaan Sekdes memegang peranan yang sangat penting untuk penataan administrasi di desa. Sebagai salah satu faktor yang mempunyai nilai tersendiri untuk mewujudkan kemajuan desa. Selain itu, tuntutan akan transparansi anggaran harus dapat diwujudkan, terutama di era keterbukaan informasi sekarang ini yang menuntut tidak ada yang ditutup-tutupi dari penggunaan anggaran, bahkan serupiah pun harus dapat dipertanggungjawabkan.

”Sekdes harus transparan terhadap semua dana desa, kepada siapa pun,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tuban, Nurhasan, mengatakan, Diklat Teknis Peningkatan Kompetensi Sekdes, diikuti 30 peserta dari beberapa kecamatan di Tuban. Diklat ini akan diadakan dalam beberapa gelombang. Rencananya, diklat Sekdes gelombang pertama ini akan dilaksanakan hingga 20 Maret mendatang.

”Dengan diadakannya diklat ini diharapkan tercipta kesamaan visi dan dinamika pola pikir Sekdes demi terciptanya pemahaman pada fungsi dan peran Sekdes dalam pelaksanaan otonomi dan fungsi desa. Serta meningkatkan kompetensi dan profesionalitas Sekdes,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban