Reses Anggota DPR RI Disuguhi Jajanan Sagu

kotatuban.com – Anggota DPRRI Dapil IX (Tuban-Bojonegoro), Ratna Juwita Sari mendapat suguhan jajanan berbahan dasar Sagu saat reses mengunjungi wisata alam Silowo, Dusun Santren, Desa Manderejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Sabtu (04/01/2020)

Jajanan serba Sagu merupakan kuliner andalan di tempat wisata alam yang memiliki poyensi luar biasa tersebut dan siap untuk dikembangkan. Diantara makanana berbahan dassar sagu, kerupuk, bubur, gandos dan berbagai macam olahan lainnya.

“Ini salah satu potensi yang harus dipertahankan dan dikembangkan, baik wisatanya maupun kulinernya. Makanan berdasar bahan sagu merupakan makanan yangjarang ditemui di Tuban. Bahkan, ini satu-satunya di Silowo,” terang Ratna Juwita didampingi suaminya, Mirza Ali Mansur.

Makanan dari Sagu di kembangkan warga menjadi kuliner khas di wisata alam Si Lowo baru satu dua dua bulan ini. Semula pohon Sagu yang banyk tumbuh secara liar di sekitar Dusun Santren dimanfaatkan warga luar Tuban. Sementara warga hanya memanfaatkan daun untuk atap rumah dan lulit sagu menjadi anyaman tikar.

Wahana wisata alam yang berjalan belum satu bulan ini, dan diresmikan oleh Bupati Tuban, Fathul Huda pada Oktober 2019 lalu itu, memiliki potensi alam yang sangat luar biasa, serta kuliner khas terbuat dari Sagu yang beraneka ragam.

Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari mengaku sangat tertarik dengan potensi alam yang dimiliki Silowo.  Untuk itu, seluruh elemen, mulai dari unsur pemerintah serta masyarakat harus bersinergi dan bergandengan tangan untuk Kabupaten Tuban menjadi lebih baik, khususnya Kecamatan Merakurak.

“Ini adalah salah satu bentuk komunikasi dalam suasana kekeluargaan yang sudah lama kami bangun bersama masyarakat,” ungkap  Bunda Ita, panggilan akrab Ratna Juwita, anggota Komisi VII DPR RI.

Pihaknya siap menjembatani komuikasi pihak Desa Manderejo, Camat Merakurak dan Pemkab Tuban ke Kemendes, karena yang memiliki program pengembangan wisata alam itu kementerian desa. “Insya Allah itu bisa kami lakukan, apalagi menterinya orang Jatim sendiri, mantan Ketua DPW PKB Jatim. Partainya sama dengan

Ditempat yang sama, Camat Merakurak, Agung Triwibowo menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ratna Juwita Sari bersama suami tercintanya, Mirza Ali. Menurutnya, wisata alam Silowo ini memang memiliki banyak keunggulan. Karena selain sumber mata air yang tak pernah surut nan jernih, Silowo juga memiliki segudang kuliner khas yang terbuat dari pohon sagu.

“Selamat datang mbak Ratna Juwita di wisata Silowo, semoga kunjungannya ini membawa berkah dan dampak positif bagi masyarakat Tuban, khususnya warga Kecamatan Merakurak,” katannya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis  alam Silowo, Imam mengaku, tidak menyangka bakal dikunjungi oleh anggota DPR RI tersebut. Karena wisata Silowo ini berada ditempat terpencil dan masih belum berjalan maksimal. Hal itu disebabkan terbatasnya anggaran.

“Silowo ini prosesnya juga baru, jadi kondisinya masih seperti ini, karena semua serba terbatas. Tetapi kami juga memiliki angan-angan untuk memajukan desa kami dengan berbagai potensi yang ada,” pungkasnya. (ims)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban