Ribuan Pengendara Motor Terjaring Operasi Zebra 2015

image
Operasi zebra, banyaj ditemukan pelanggaran

kotatuban.com-Sepanjang  Operasi Zebra Semeru 2015 yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tuban, selama dua pekan terakhir tercatat sebanyak 1.818 pengendara kendaraan bermotor  baik roda dua maupun roda empat melanggar lalu lintas di jalan raya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.538 pengendara diantaranya terpaksa dilakukan tindak tilang,  sementara 280 pengendara lainnya ditegur saat kegiatan operasi zebra berlangsung. Tidak hanya itu, dalam operasi yang dilakukan di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Tuban tersebut juga diterapkan sidang di tempat bagi pelanggar lalulintas.

“Tidak semuanya kami lakukan tilang, karena beberapa diantaranya hanya kami tegur saat operasi,”  ujar Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Dyno Indra Setiadi, Sabtu (07/11).

Dia menjelaskan, operasi zebra dilaksanakan sejak 22 Oktober dan berakhir pada 04 November lalu. Pelanggaran paling sering ditemukan adalah pengendara kendaraan bermotor tanpa helm, tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan hingga tidak membawa Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Pengendara yang tidak memakai helm tercatat cukup banyak, sisanya pelanggaran lain seperti tanpa surat kendaraan hingga tidak memiiki SIM,” kata AKP Dyno.

Pelanggaran lalu lintas saat operasi masih didominasi oleh kendaraan roda dua, dengan jumlah pelanggaran mencapai 878 pengendara. Sedangkan untuk mobil dan kendaraan khusus (Ransus) sebanyak 660 pengendara dengan berbagai pelanggaran.

“Operasi ini sendiri  bertujuan menekan angka laka lantas menjelang pergantian tahun baru, serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya tertib dalam berlalu lintas,” tegas Kasat Lantas Polres Tuban itu. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban