Riset Partisipasi Pemilih KPU Hanya Gunakan 100 Responden

Publikasi hasil riset partisipasi calon p-emilih Pemilukada Tuban
Publikasi hasil riset partisipasi calon p-emilih Pemilukada Tuban

kotatuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban yang menggandeng Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) melakukan riset partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban pada 9 Desember 2015. Responden untuk menentukan prediksi partisipasi pemilih Pemilukada sebanyak 100 calon pemilih sebagai sampling dari 938.686 calon pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Dalam publikasi hasil riset dengan universitas yang telah dibekukan Dirjen Dikti itu disebutkan, prediksi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilukada 9 Desemeber mendatang sebanyak 90 persen.

Publikasi hasil riset tentang partisipasi masyarakat pada Pilkda Tuban tersebut disampaikan oleh, Koordinator tim riset Unirow Muhammad Zaenul Arif, Senin (14/09) di gedung KPU Tuban.

Menurut Zainul, metode riset partisipasi pemilih tersebut yang digunakan merupakan metode mik campuran antara metode vakultatif dengan kuantitatif.

”Dalam riset tersebut kita menggunakan 100 orang responden yang tersebar diseluruh kecamatan se Kabupaten Tuban,” ungkap, koordinator tim riset Zaenul Arif.

Hasilnya, lanjut Zaenul Arif, dari 100 orang responden tersebut 52 persen tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan akan hadir ke TPS atau tidak. Sementara 36 persen menyatakan bersedia hadir di TPS dan sisanya menyatakan tidak akan hadir ke TPS dalam pencoblosan Bupati dan Wakil Bupati Tuban pada 9 Desember nanti.

”Pada riset ini keakuratannya 90 persen. Sedangkan, margin errornya 10 persen. Karena respondennya hanya sedikit. Dan riset ini telah kita lakukan selama sebulan,” terang dosen ilmu politik Unirow tersebut.

Diketahui, Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada Tuban sebanyak 938.686 pemilih, yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 463.204 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 475.482 pemilih. Selain itu, Pilkada Tuban diikuti dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban pasangan calon dari independent Fathul Huda dan Noor Nahar Hussaen (Huda-Noor), dan pasangan dari jalur independent Zakky Mahbub – Dwi Susiantin Budiarti (Zadid). (duc)

52,5 persen tdk memberikan, 36,36 dtng, 11 tdk hadir

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban