Sakit Gigi Dapat Memicu Penyakit Kronis

drg Ina saat merawat pasien sakit gigi
drg Ina saat merawat pasien sakit gigi

kotatuban.com-Bagi sebagian orang, kesehatan gigi mungkin masih belum menjadi priotitas utama, Periksa gigi dan perawatannya masih dianggap kegiatan yang tidak terlalu penting.  Seseorang biasanya baru berangkat ke dokter gigi merasakan sakit gigi dan lubang pada giginya memerlukan perawatan.

Namun  perlu diketahui, sakit gigi rupanya juga dapat berdampak pada gangguan organ vital lainnya yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya, sakit kepala, nyeri mata, gangguan jantung hingga stroke yang dapat menyebabkan kematian.

“Jadi, jangan anggap remeh sakit gigi dan gigi berlubang karena ini juga mampu memicu timbulnya gangguan organ vital lainya,” ujar drg Ina Yuliani, Rabu (22/4).

Dokter yang bertugas di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RS NU) Tuban, itu menjelaskan, ada banyak penyakit yang berawal dari mulut dan gigi. Masalah utama sakit gigi biasanya diawali dengan lobang pada gigi. Gigi yang berlubang akan sangant mudah menjadi tempat bersarang bakteri dan kuman. Kuman dan bakteri yang bersarang pada gigi mampu menembus pembuluh darah yang akhirnya berkumpul di jantung kemudian dialirkan ke seluruh tubuh.

“Bakteri yang berakumulasi dalam organ tubuh itu akan berpotensi mengganggu kinerja organ tersebut. Jika terus menumpuk akan berpotensi terjadi gangguan kesehatan, bahkan penyumbatan pembuluh darah yang akan menganggu kinerja jantung,” jelas drg Ina.

Dalam kasus tertentu, seseorang dengan gangguan gigi juga dapat mengalami sakit kepala, itu terjadi akibat adanya kelainan pada rongga gigi. Hal itu sangat mungkin terjadi karena sistem pengunyahan terdiri atas beberapa komponen, diantaranya gigi dan jaringan penyangga.

Dokter Ina menghimbau agar gigi sering dibersihkan, paling mudah adalah dengan melakukan sikat gigi dua kali sehari, pagi dan sebelum tidur. Serta melakukan pemeriksaan gigi enam bulan sekali.

“Yang paling mudah dan murah adalah melakukan sikat gigi dua kali sehari. Jangan menunggu sakit baru ke dokter gigi dan minta dicabut. Cabut gigi merupakan pilihan terakhir setelah perawatan,” ungkapnya. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban