Salah Kelola Dana Desa Bisa Masuk Penjara

Sosialisasi soal dana desa
Sosialisasi soal dana desa

kotatuban.com – Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husain mengingatkan dan mewanti-wanti kepada semua kepala desa (Kades) untuk berhati-hati dalam pengelolaan dana desa. Sebab, turunnya dana desa bisa membuat Kades berurusan dengan hukum jika sampai salah dalam pengelolaan maupun penggunaannya.

”Dana desa yang sebentar lagi akan cair, sehingga Kades bisa memanfaatkan dana tersebut sesuai dengan peruntukannya. Sebelum dana tersebut caiar, kita telah memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada Kades terkait tata cara pengelolaan dana desa itu,” terang, Wabub Noor Nahar saat dikonfirmasi kotatuban.com saat sosialisasi dana desa di Pendapa Krida Manunggal, Jumat (24/04).

Menurutnya, dana desa sebesar Rp 1 milyar tersebut akan diterimakan desa secara bertahap dalam satu tahun. Sedangkan, untuk pencairan tahap awal ini akan dicairkan pada awal Mei mendatang.

”Pada awal bulan Mei ini diperkirakan dana desa ini akan cair. Sehingga, kepala desa agar menyiapkan segala sesuatunya,” ungkap Ketua DPC PKB Tuban tersebut.

Lebih lanjut Noor Nahar mengatakan, untuk menghindarkan para Kades salah kelola dana desa tersebut, Pemkab Tuban sudah beberapa kali melakukan pelatihan maupun sosialisasi terkai pengelolaan dana desa tersebut. ”Kita juga akan melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap dana desa tersebut,” pungkasnya. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban