Sambut Imlek Klenteng Mulai Berbenah

image
Klenteng Kwan Sing Bio mukai bersih-bersih sambut imlek tahun ini

kotatuban.com-Sambut Perayaan Tahun baru China (Imlek) ke 2567 yang jatuh pada 8 Februari mendatang,  pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio mulai lakukan berbagai persiapan.

Para pengurus dan karyawan tempat ibadah berlambang kepiting raksasa itu terlihat sibuk sejak sepekan terakhir. Beberapa persiapan dilakukan, mulai mengganti hiasan yang telah usang, bersih-bersih ruangan, memandikan patung dewa, hingga menyiapkan sarana untuk ibadah.

“Mulai kemarin pengurus telah membersihkan ruangan yang ada di altar dan mengganti lampion,” kata Ketua Pengurus Harian TITD Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan, Sabtu (30/01).

Menurut Gunawan, TITD Kwan Sing Bio akan merayakan Imlek tahun ini dengan cara sederhana. Hal tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan tempat ibadah lain agar bisa menyelenggarakan kegiatan serupa dan tidak terfokus pada satu tempat saja.

“Kita tidak mengadahkan acara yang besar, hanya sederhana saja, karena kita juga memberi kesempatan tempat ibadah lain agar gantian menyelenggarakan kegiatan,” terangnya.

Dalam perayaan tahun baru esok, pengurus beserta umat akan mengadakan ritual sembahyang pada malam sebelum Imlek. Yakni pada 7 Febuari pukul 22.00 Wib.

“Umat yang ikut sembahyang pada malam hari sekitar 200 orang. Kalau tanggal 18 lebih banyak, biasanya dari luar-luar kota akan datang disini,“ kata Gunawan Putra Wirawan ini.

Kemudian pada pagi harinya, umat masing-masing menghadap Kongco. Kemudian mengucapkan selamat imlek dan menjalin silaturahmi antar umat dari berbagai derah yang datang.

“Dengan memasuki tahun moyet ini, kita umat Tri Dharma mengharap Indonesia lebih makmur dan aman, khususnya Kabupaten Tuban,” pungkasnya.(kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban