Sambut Muktamar NU, Ansor Tuban Bakar Ikan 33 Meter

Ansor ramai-ramai bakar ikan bersama warga
Ansor ramai-ramai bakar ikan bersama warga

kotatuban.com – Ada yang menarik apa yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tuban dalam menyambut Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke 33 di Jombang pada 1 Agustus 2015 mendatang. Satu Badan Otonom (Banom) NU tersebut menyambut Muktamar dengan membagi ikan bakar gratis kepada masyarakat luas pada Rabu (08/07) malam.

”Kita ingin ikut memeriahkan untuk menyambut Muktamar NU yang akan digelar pada 1 Agustus 2015 di Jombang nanti, dengan bakar ikan bareng masyarakat,” terang wakil ketua GP Ansor Tuban, Khoirul Huda.

Pantauan kotatuban.com di lokasi, sekitar seratusan kilogram ikan laut segar dibakar di depan halaman kantor NU, Jalan Diponegoro. Uniknya, tempat yang digunakan untuk membakar ikan tersebut sepanjang 33 meter yang dibentuk angka 33.

“Angka 33 itu sebagai tanda menyambut Muktamar NU ke 33. Jadi itu hanya sekedar tanda saja tidak ada maksud lain,” tambahnya.

Bau asap dari arang pembakar ikan tersebut cukup menarik masyarakat luas yang berada di sekitar tempat tersebut. Banyak warga, utamanya anak kecil, yang mampir ke kantor NU dan turut membakar ikan, kemudian menyantapnya secara ramai-ramai.

”Ikan ini memang kami peruntukkan juga untuk masyarakat, gratis bagi yang mau menikmati usai Shalat Tarawih. Ada juga warga yang memilih sendiri ikan mentah, kemudian membakarnya sendiri sesuai selera,” ungkapnya.

Selain ikan, panitia juga menyediakan beberapa makanan pelengkap. Seperti lontong, nasi, sambal, buah, camilan, dan juga minuman. Mereka beralasan, ikan bakar merupakan cara mereka berbagi kepada masyarakat dengan melihat potensi lokal yang ada.

”Kita menyediakan ikan bakar ini selain sebagai sarana silaturrohmi dengan masyarakat. Selain itu, kita tahu kalau Tuban merupakan kota pesisir dan nelayan kita mempunyai hasil tangkap yang cukup melimpah. Dan potensi lokal ini harus kita kenalkan dengan masyarakat luas juga,” pungkasnya. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban