Sapi Bantuan dari Kemendes Siap Jual

kotatuban.com – Enam puluh ekor sapi milik Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada tahun 2016 lalu sudah siap dijual.
”Sapi-sapi ini sudah siap dijual, karena kita sudah merawat sekitar 4 bulanan. Ini ada 60 ekor sapi bantuan dari Kemendes pada tahun 2016 lalu,” terang, Sekertaris Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang, Bambang Sumantri, Rabu (15/03).
Rencananya, lanjut Bambang mengatakan, sapi tersebut dijual akan dibelikan bibit sapi lagi. Dan jika memungkinkan penggemukan sapi tersebut akan dikembangkan lagi. Sehingga, penggemukkan sapi milik desa yang dikelola oleh kelompok ternak dari desa tersebut dapat bermanfaat baik bagi masyarakat maupun pemerintahan desa sendiri.
”Dengan adanya penggemukan sapi ini selain dapat memberdayakan masyarakat, desa juga mendapatkan income dari usaha ini. Selain itu, dari penggemukan sapi tersebut juga dapat dimanfaatkan menjadi biogas. Dan biogasnya juga sudah dinikmati oleh beberapa rumah tangga yang ada disekitar kandang,” tandasnya.
Kedepan, lanjut Bambang mengatakan, usaha penggemukan sapi akan dijadikan unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Ngadipuro. Penggemukan ini akan menjadi unit usaha BUMDesa Sejahtera yang telah berdiri pada tahun 2010 lalu.
”BUMDesa Sejahtera milik Desa Ngadipuro sebelumnya telah memiliki usaha pompanisasi dan Unit Pengelola Keuangan dan Usaha (UPKU). Sedangkan, penggemukan sapi ini pada tahun ini rencananya akan kita jadikan unit usaha BUMDesa Sejahtera,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban