Satpol PP Amankan Lima Anjal

image
Anjal saatvdi Satpol PP Tuban

kotatuban.com-Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, amankan lima anak jalanan (Anjal) dari kawasan Rest Area Tuban. Kelimanya diamankan saat petugas menggelar patrol rutin keamanan dan ketertiban masyaarakat (Kamtibmas).

Dari lima anak jalan yang diamankan, dua diantaranya adalah perempuan yang masih di bawah umur. Masing-masing, Fara (16), dan Atik (15), keduanya mengaku berasal dari Surabaya. Sementara tiga lainya adalah Dion (18), Koko (18), dan Deni (18), warga Kecamatan Semanding Tuban.

Plt Kepala Satuan Polisi Paming Praja, Hery Muharwanto, mengatakan, kelima Anjal saat ini tengah menjalani pembinaan dan pendataan oleh petugas. Mereka juga diminta untuk menandatagani surat pernyataan tidak mengulangi perbuatan dan melanggar Peraturan Daerah (Perda) setempat.  

“Kami amankan mereka sekitar pukul lima pagi tadi di Rest Area. Selanjutnya kami lakukan pendataan dan kami bina. Kami juga meningatkan agar mereka tidak menganggu ketertiban, seperti mengamen diperempatan dan sebagainya,” terang Hery, Jumat (29/04).

Adapun pembinaan terhadap anak jalanan dilakukan satpol PP bekerjasama dengan Dinas Sosial Tuban. Selanjutnya, akan diputuskan apakah anak jalanan ini akan dibawa ke panti sosial, atau dipulangkan ke rumah orang tuanya.

“Kita akan bina dahulu, jika perlu kita serahkan ke panti sosial, adapun mereka ini melanggar Perda nomor 16 tahun 2014 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, makanya kami amankan,” tambah Hery.

Sementara itu Koko, remaja yang diamankan mengaku dirinya dan empat temanya usai mengikuti acara di kota Malang. Karena dini hari tadi baru tiba di Tuban dirinya dan kawan-kawanya istirahat di rest area sebelum pulang. 

“Habis perjalanan jauh, terus istirahat di reast area karena capek. Tiba-tiba ada bapak-bapak Satpol PP ini,” kata Koko, saat berada di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Tuban. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban