Sebelum Porprov KONI Tuban Punya Tiga Agenda

kotatuban.com – Sebelum pelaksanDalam Waktu dekat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban bakal memiliki tiga agenda terkait Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-6 Jawa Timur yang beberapa cabang olahraga bakal digelar di Bumi Wali ini.

“Ada tiga agenda besar terkait Porprov yang akan digelar di Tuban,” ujar Ketua KONI Tuban, Mirza Ali Mansyur, Rabu (27/3).

Agenda akbar tersebut diawali launching Maskot Porprov punya Kabupaten Tuban, yakni si Lawe yaitu kuda jantan hitam. Sedangkan, maskot Porprov Jatim ke-6 secara umum adalah si Abas, dengan ikon ayam jantan.

“Setiap kota yang menjadi tuan rumah Porprov masing-masing memiliki maskot, untuk Kabupaten Lamongan si Lilo, di Gresik si Giro, dan di Bojonegoro si Gogon,” terang suami dari Caleg DPR RI Ratna Juwita Sari.

Launching maskot tersebut bakal digelar pada 29 Maret 2019 pagi di Alun-Alun Tuban. Launching maskot ini sebagai sosialisasi Porprov Jatim, 29 hari menjelang hari H. “Acaranya tidak begitu besar, hanya diisi senam bersama terkait semangat Porprov,” imbuhnya.

Kedua acara Kirab Api Porprov akan dimulai tanggal 1 Juli 2019 dengan mengambil api dari Kahyangan Api Bojonegoro, kemudian disemayamkan di Pendopo Bojonegoro. Pada tanggal 2 Juli pagi, dari Pendopo api diarak berputar di kota. Baru pukul 12.00 WIB akan ada serah terima di Desa Sendangrejo, Kecamatan Parengan.

“Di Tuban api tersebut akan dikelilingkan mulai Soko, Rengel, Semanding, Tuban Kota dan masuk di Pendopo,” papar Mirza.

Pada tanggal 3 Juli baru diarak keliling kota masuk Palang, kemudian serah terima dari Palang ke Lamongan di Lohgong. Berlanjut dari Lamongan ke Gresik tanggal 3 Juli 2019. Pada tanggal 4 Juli pukul 12.00 Wib api diarak dari Gresik ke Lamongan. Kemudian Lamongan muter-muter lagi, dan di tanggal 6 Juli Proprov dibuka.

Porprov digelar di Lamongan sampai tanggal 13 Juli. Di hari terakhir tersebut, Tuban terpilih menjadi lokasi penutupan. Tensi penutupan diupayakan sama dengan pembukaan. Kalau pembukaan levelnya 7 penutupannya 7.

“Itulah pesan Gubernur. Pesannya kembang api juga harus spektakuler,” jelasnya.

Pemkab berharap event ini menjadi ajang ekonomi kreatif di Bumi Wali. Semua sektor harus bisa memanfaatkan even ini. Media juga diminta bisa membantu mempromosikan.

“Sekali lagi terimakasih atas partisipasi media terhadap agenda KONI, Porprov, dan Pemkab Tuban,” pungkasnya. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban