Sektor Pariwisata dan Pertanian Disiapkan Jadi Andalan Sumber PAD

image
Kepala Bappeda Tuban, Mustarikah

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban ke depan akan serius menggarap sektor pariwisata dan sektor pertanian. Pasalnya, dua sektor tersebut dinilai akan dapat memajukan Tuban. Kedus sektor itu juga disiapkan menjadi andalan sumber pemasukan pendapatan asli daerah (PAD)

Hal tersebut disampaikan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tuban, Mustarikah kepada kotatuban.com, Kamis (04/03) di ruang kerjanya.

Menurutnya, selama ini Pemkab Tuban masih kurang serius menggarap sektor pariwisata dan penataan ruang pemanfaatan lahan untuk pertanian. 

”Mulai tahun ini kita akan melakukan pengkajian kembali terhadap sektor pariwisata dan sektor pertanian,” ungkap Mustarikah. 

Menurutnya, alasan memaksimalkan potensi wisata di Bumi Wali ini, sebab obyek wisata nantinya dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Diakui selama ini PAD terbesar Kabupaten Tuban berasal dari tambang atau galian C. Akan tetapi, perlu dikaji ulang bahwa tambang tersebut suatu saat akan habis. Sehingga, sebagai pegganti tambang pemerintah perlu menyiapkan ikon lain yakni wisata  sebagai sumber PAD.

”Jika potensi wisata ini digarap secara serius, maka akan menjadi sumber PAD yang besar. Dan sektor wisata ini tidak merusak lingkungan. Selain itu, pariwisata ini juga akan ada multipleyer efek yang cukup besar,” terang, ibu  tiga anak tersebut.

Lebih lanjut perempuan yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban tersebut mengatakan, apabila obyek wisata ini dikelola dengan secara maksimal. Maka, imbasnya juga berdampak pada perekonomian penduduk sekitar. 

”Saat ini kita sedang mempersiapkan infrastruktur untuk pariwisata dan pertanian. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Tuban juga harus dipersiapkan sejak sekarang,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban