Setiap Hari Sampah di Tuban Capai 170 Meter Kubik

image
Salah satu depo sampah di Tuban

kotatuban.com-Volme sampah di Kabupaten Tuban mencapai 170 meter kubik per hari. Sampah itu berasal dari rumah tangga, sampah fasilitas umum dan aktifitas pasar di Tuban. Seluruh sampah tersebut selanjutnya diangkut oleh petugas Dinas Pekerjaan Umum menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.   

“Sebelum di bawa petugas ke TPA, sampah ini akan dkumpulkan dahulu di depo sampah,” ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Media (kabag humas media) Pemkab Tuban, Teguh Setyabudi, Selasa (13/10).

Teguh menjelaskan, seluruh sampah yang dikumpulkan oleh petugas di TPA tersebut akan melalui tahapan proses pengelolaan, diantaranya memisahkan sampah organik dan sampah anorganik untuk diproses composting. Diluar itu ada juga pemulung yang aktif memilah sampah yang masih memiliki nila jual.

“Sisa dari komposting yang biasanya adalah sampah anorganik membutuhkan waktu untuk diurai, ini akan ditimbun kurang lebih 2 tahun. Setelah dua tahun itu kemudian akan digali untuk kompos yang akan dimanfaatkan oleh warga sekitar TPA, atau yang membutuhkan,” terang Teguh. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban