SI “Sulap” Lahan Bekas Tambang Jadi Embung

Embung PT SI yang dimanfaatkan untuk irigasi pertanian
Embung PT SI yang dimanfaatkan untuk irigasi pertanian

kotatuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pabrik Tuban merubah lahan bekas tambang menjadi embung. Sehingga, oleh masyarakat petani desa yang berada disekitar perusahaan embung-embung tersebut digunakan irigasi atau pengairan lahan pertanian.

Kepala Biro Humas dan CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Wahyu Darmawan, saat ditemui kotatuban.com dikantornya, Kamis (02/04) mengungkapkan, lahan bekas tambang milik semen yang telah tidak terpakai lagi saat ini digunakan untuk tempat penampungan air.
”Lahan bekas tambang kita saat ini telah menjadi embung. Dan embung itu sekarang dimanfaatkan oleh petani sekitar,” ungkapnya.
Menurut Wahyu, tidak hanya petani padi, kacang, dan jagung saja yang memanfaatkan air dari embung bekas lahan tambang tersebut. Bahkan, embung tersebut oleh masyarakat sekitar juga digunakan budidaya ikan air tawar.
”Di embung itukan juga ada keramba apung juga. Dan itu oleh masyarakat sekitar digunakan untuk budidaya ikan nila. Untuk keramba apung saat ini baru ada dua unit, kedepan akan kita kembangkan lagi,” ungkap Wahyu.
Sementara itu, Tajung (52) salah satu petani asal Desa Temandang, Kecamatan Merakurak mengatakan, bahwa untuk saat ini petani yang berada disekitar pabrik semen tidak kekurangan air untuk pengairan lahan mereka. Pasalnya, air yang ada dibekas galian bahan baku semen tersebut melimpah ruah.
”Sebelum ada embung ini petani dalam satu tahun hanya panen paling banyak dua kali saja, karena menganalkan air hujan. Tapi setelah ada embung ini petani bisa panen hingga tiga kali dalam setahun,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban