Siswa Akselerasi di SMPN I dan SMAN I Terancam Tak Bisa Ikuti Ujian Nasional

image
Kasi Kurikulum, Heni

kotatuban.com-Puluhan siswa akselerasi (percepatan) di SMPN I dan SMAN I Tuban hingga kini belum menerima nomor peserta Ujian Nasional (UN). Dikhawatirkan sejumlah siswa kelas percepatan itu tidak dapat mengikuti UN tahun ini. Dalam Prosedur Operasional Standart  (POS) UN tahun ini, nomor UN bagi siswa percepatan belum  diberikan seperti siswa lainnya.

“Dalam POS UN tidak disebutkan nomornya. Makanya kami khawatir mereka ini tidak dapat mengikuti UN,” ujar Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan SMP/SMA/SMK, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Heni Indriana, Selasa (31/3).
 
Heni menjelaskan, POS UN tahun ajaran 2014-2015 yang diterima Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, beberapa waktu lalu tidak menyebutkan petunjuk dan syarat siswa akselerasi. Jika tidak ada surat dari Badan Standart Nasional Pendidikan (BSNP), siswa akselerasi belum dapat masuk sebagai peserta ujian yang dijadwalkan pada pertengahan April dan awal Mei mendatang.
 
“Mereka ini dapat mengikuti ujian nasional jika sudah ada surat edaran dari BSNP. Kami dari dinas juga sudah mengirimkan surat terkait aturan ujian bagi siswa akselerasi,” terang Heni.

Di Tuban sendiri, lanjut Heni, terdapat dua sekolah dari dua jenjang yang membuka kelas akselerasi. Dua sekolah itu adalah SMPN 1 Tuban dan SMAN 1 Tuban. Dengan jumlah siswa tahun ini sebanyak 11 siswa di SMPN1 Tuban dan 30 siswa SMAN 1 Tuban.

“Tahun ini merupakan tahun terakhir program akselerasi di dua sekolah tersebut. ” imbuh Heni. (kim).

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban