Siswa SMAN 4 Tuban Belajar Jurnalitik Bareng RPS

kotatuban.com – Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban kerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mengadakan sekolah jurnalistik. Kali ini kegiatan tersebutdigelar di Sekolah Menengah Atas Negeri(SMAN) 4 Tuban, Selasa (09/09). Sedangkan, kegiatan tersebut diikuti oleh anggota redaksi eksis yang terdiri dari kelas X dan XI sebanyak 30 siswa setempat.

Peserta pelatihan jurnalistik saat deskusi praktek membuat berita
Peserta pelatihan jurnalistik saat deskusi praktek membuat berita

Ketua RPS, Khoirul Huda dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan sekolah jurnalistik tersebut merupakan kegiatan rutin para wartawan yang tergabung dalam RPS. Kegitan tersebut dilakukan para wartawan hampir setiap minggu dengan cara mendatangi sekolahan-sekolahan tingkat SMA yang ada di Tuban.

‘’Para wartawan ini terjun langsung dilapangan untuk memberikan motivasi dan sharing terkait jurnalistik kepada para siswa. Hal ini menjadi salah satu media berbagi antara wartawan dengan masyarakat,’’ terangnya.

Menurutnya, banyak manfaat yang bisa diperoleh para siswa dari kegiatan ini, salah satunya, agar siswa dapat belajar menulis secara sistematis sesuai dengan kaidah kaidah jurnalistik yang ada. ‘’Sehingga, saya berharap para siswa dapat belajar dengan serius,’’ tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah SMAN 4 Tuban, Imbang Murtaji mengungkapkan, sangat mengapresiasi kegitan yang dilakukan wartawan yang tergabung dalam RPS tersebut. Pasalnya, telah bersedia berbagi pengalaman dengan para siswa disela-sela kesibukannya.

‘’Saya berharap kepada para siswa dapat menyampaikan informasi yang benar melalui sebuah tulisan, sehabis pelatihan ini. Para siswa juga terus mengasah kemampuannya setelah kegiatan ini,’’ ungkapnya.

Terpisah, salah satu siswa SMAN 4 Tuban, Ashob, mengatakan, sangat antusias dalam mengikuti pelatihan jurnalistik ini. Pasalnya, banyak pengalam-pengalam baru yang dia dapatkan dari pelatihan tersebut, yang tidak didapatkan dari bangku sekolah. ‘’Pematerinya, langsung dari wartawan sehingga penyampaiannya enak berdasarkan pengalamnya, jadi mudah dimengerti,’’ pungkasnya. (kiriman siswa SMAN 4 Tuban)

KELOMPOK 6 :

  1. Rachmat Atthariq
  2. Nurhalimah Widyastuti
  3. Yasti Rianingsih
  4. Nia Ramadhani
  5. Nonik Sofiana

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban