Soal APK Zadit Tanpa Nomor Urut KPU Belum Tentukan Sikap

Komisioner KPU Tuban, Devisi Sosialisasi, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini
Komisioner KPU Tuban, Devisi Sosialisasi, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini

kotatuban.com-Meski pencetakkan umbul-umbul yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban antara pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Fathul Huda-Noor Nahar (Hudanoor) dan Zakki Mahbub-Dwi Susiatin Budiarti (Zadit) berbeda. Pencetakaan umbul-umbul yang telah dipasang beberapa lalu itu milik Hudanoor diberikan nomor urut, namun, milik Zadit tanpa nomor urut.

Meski ada berbedaan yang signifikan dan dapat memicu masalah, tapi, KPU Tuban hingga kini belum menentukan sikap, apakah umbul-umbul itu bakal diganti atau tidak. KPU berdalih umbul-umbul itu sudah sesuai dengan konsep yang disampaikan tim pemenangan Zqadit. Dan hingga kini pihak Zadit tidak ada komplain.

“Umbul-umbul itu tidak perlu diganti, sepanjang tidak ada keberatan dari pasangan calon dan timnya,” ujar komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban Divisi Sosialisasi, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini, saat dikonfirmasi kotatuban.com di ruang kerjanya, Senin (05/10).

Yayuk mengatakan, sampai hari inipun belum ada keberatan yang dilayangkan pasangan nomor urut dua itu ke KPUD terkait persoalan nomor urut di umbul-umbul itu.

“Belum ada complain, baik timnya secara langsung maup surat yang dilayangkan ke KPUD,” kata Yayuk.

Menurut Yayuk, tidak adanya nomor urut pada pasangan calon nomor dua itu bukan kesalahan KPU. Sebab, sebelum naik cetak KPU telah melaksanakan tahapan sesuai aturan, termasuk memberikan waktu perbaikan kepada tim pemenangan calon untuk merubah desain APK milik pasangan calon yang bersangkutan.

“Sebelum cetak, kami juga telah mengundang tim paslon, dan menandatangani, termasuk memeriksa desain yang sudah diberikan kepada kami,” terang Yayuk.

Disampaikan Yayuk, jika nanti ada komplain dari pasangan calon maupun rekomendasi darim Panwaslu, pihaknya bakal menggelar rapat untuk menentukan sikap.

“Penggantian itupun hanya satu kali maksimal untuk satu jenis APK yang rusak, dengan memperhatikan prinsip efesiensi anggaran, sebagaimana edaran yang kami terima dari KPU puast,” imbuh Yayuk.

Sementara itu, Ketua Pemenangan Paslon Zadit, Mastain menyatakan dalam waktu dekat pihaknya bakal melayangkan keberatan ke KPU Tuban.

“Ya kami berharap hal itu diperbaiki. Masak, paslon kok nggak ada nomor urutnya. Ini tidak masuk akal, sementara paslon lainnya ada nomor urutnya,” terang Mastain.(kim) 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban