Pembagian 3 Jenis SIM C, Masih Menjadi Wacana Pusat

kotatuban.com– Wacana pengelompokan Surat izin Mengemudi (SIM) untuk kendaraan bermotor roda dua yakni SIM C, hingga kini masih digodok dan menjadi wacana di tingkat pusat. Karenanya, hingga kini petunjuk tehnis pelaksanaan ketentuan tersebut belum turun.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Satuan Lalulintas Polres Tuban, AKP Dhino Indra Setiayadi, kepada kotatuban.com saat dikonfirmasi terkait pemberlakuan SIM C berdasarkan kelompok kapasitas kendaraan bermotor tersebut.

“Itu masih menjadi wacana ditingkat pusat, “ kata AKP Dhino.

Salah seorang pemohon SIM C di Polres Tuban
Salah seorang pemohon SIM C di Polres Tuban

Jika kebijakan tersebut nantinya jadi diterapkan, maka SIM C akan dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan kapasitas kendaraan, yakni SIM C 1, SIM C 2 dan SIM C 3. Untuk kendaraan dengan besaran kapasitas sampai dengan 300 CC akan menggunakan SIM C1, untuk kendaraan dengan kapasitas 300 CC – 750 CC menggunakan SIM C2, sedangkan kendaraan dengan kapasitas 750 CC ke atas akan menggunakan SIM C 3.

Kepolisian daerah, kata Dhino, hingga kini masih menunggu diberlakukannya kebijakan tersebut. Begitu ada petunjuk tehnis, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pengguna kendaraan roda dua.

“Kami belum menerima petunjuk dari atasan terkait pemberlakuan tiga jenis SIM C, jika memang sudah ada pasti akan kami sosialisasikan,” tegas Dhino. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban