Puluhan Waranggono Diwisuda

kotatuban.com – Sebanyak 87 waranggono kesenian langen tayub mengikuti prosesi wisuda waranggono yang digelar di Pemandian Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kamis (01/11). Wisud waranggono merupakan agenda tahunan Pemkab Tuban menjelang perayaan Hari Jadi Kabupaten Tuban (HJT). Agenda nguri-uri budaya adi luhung ini Wakil Bupati (Wabup) Tuban Noor Nahar Hussein dengan pemukulan alat musik tradisional. Yakni, gong di area Pemandian Bektiharjo.

Dalam sambutanya, Wabup mengatakan, kegiatan prosesi siraman waranggono di Pemandian Bektiharjo ini merupakan agenda tahunan Pemkab Tuban dalam rangka Hari Jadi. Selain itu kegiatan ini juga marupakan upaya untuk melestarikan kesenian yang ada di Kabupaten Tuban.

“Kesenian budaya ini merupakan salah satu ciri khas kita, sekaligus warisan leluhur kita sehingga perlu dilestarikan,” terang Wabup dalam sambutanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Sulistyadi mengungkapkan, pada kegiatan Siraman Waranggono tahun ini ada sebanyak 87 Waranggono dan 68 Pramugari yang di wisuda.

“Siraman Waranggono ini ada sebanyak 87 Waranggono, 9 di antaranya Waranggono baru dan sebanyak 68 pramugari yang di wisuda,” imbuh Sulistyadi. (ims)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban