Stadion Bumi Wali Datangkan Lampu dari Jerman

kotatuban.com – Stadion Bumi Wali Tuban datangkan lampu langsung dari Jerman. Hal itu sebagai upaya menuju stadion internasional. Bahkan. Lampu yang sebagian sudah terpasang itu bakal djadikan uji coba saat final Bupati Cup antara Kesebelasan Merakurak dan Tambakboyo, Sabtu (28/12/2019) malam nanti.

“Kita memang mencari lampu yang standart internasional dan bergaransi lima tahun, “terang Kabid Olahraga Disparbudpora Kabupaten Tuban, Zainal Mutaqin saat memastikan kesiapan Bumi Wali menggelar laga Bupati Cup.

Ditambahkan sesuai standart internasioal dibutuhkan 180 lampu. Namun, sekarang ini baru terpasang 104 dari 106 lampu yang sudah datang dan masing-masing lampu berkapasitas 1.000 watt. Sementara 28 buah lampu masih dalam proses di Be Cukai Surabaya.

“Insya Allah dalam waktu dekat jika sudah datang akan segera di pasang untuk melengkapi lampu stadion,” tuturnya.

Fasilitas standart internasional itu sebagai uoaya memberikan pelayanan publik, karena stadion ini dibangun bukan hanya untuk sepk bola saja, tapi juga kegiatan masyaralat lainnya.

Lampu di Stadioon Bumi Wali sebanyak itu terpasang dengan empat tiang setinggi 43 meter, yang masing-masing tiang didesain bisa dipasang sampai 45 buah lampu.

“Sistem penerangan saat ini dengan lumen lampu sebesar 1.060 lux. Sehingga penerangan SBWT sudah melampaui taraf nasional karena standar ISL Liga 1 rata-rata 800 lux. Jadi sebenarnya sudah menuju taraf internasional karena standart FIFA adalah 1.200 lux,” imbuh lelaki yang juga Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban.

Lampu yang bergaransi lima tahun asal Jerman ini total biayanya Rp11,9 miliar. Sedangkan untuk biaya pintu, jendela, dan paving menelan anggaran Rp3,8 miliar. (ims)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban