Surat Suara Kurang Tiga Ribuan Lembar

image
Penyortiran surat suara

kotatuban.com-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban telah menyelesaikan distribusi sekaligus penyortiran surat suara.

Dari total 961.094 lembar surat suara yang diterima KPUD, sebanyak 3.107 mengalami rusak. Pihak percetakan harus menggantinya, sehingga, surat suara untuk Pilkada 9 Desember lengkap sesuai yang dibutuhkan.

“Sudah dilaporkan kepada kami hasil verifikasi, dan total kekurangan mencapai 3.107 lembar, jumlah tersebut termasuk yang rusak,” ujar Divisi Logistik, KPUD Tuban, Nur Hakim disela-sela kegiatan bimbingan teknis pungut hitung di Kantor KPUD Tuban, Selasa (02/12).

Adapun kerusakan  yang dilaporkan dan diterima KPUD setempat beragam. Seperti, gambar pasangan calon (Paslon) kurang terang, tulisan isi surat suara tidak jelas, gambar hologram tembus depan, dan kerusakan lainnya, termasuk cacat cetak.

“Saat ini rekapan kerusakan dan kekurangan di tingkat kecamatan sudah kita laporkan kepada pihak percetakan, dan akan segera diganti dengan jumah yang kita ajukan,” katanya.

Komisioner KPUD itu menjelaskan, kerusakan terbanyak ada di Kecamatan Montong dengan jumlah sekitar 827 lembar surat suara.

“Surat suara yang rusak akan dikembalikan kepada KPUD, dan akan dimusnahkan sesuai aturan yang ada,” terang Hakim.

Selanjutnya, dalam dua hari ke depan kekurangan surat suara akan dipenuhi. Diharapkan penggantian dari pihak percetakan tidak ada kekurangan dan kerusakan lagi.

“Jumlahnya tidak terlalu banyak, jadi kami harapkan tidak ada kekurangan maupun rusak lagi,” imbuh Komisioner KPUD Tuban itu. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban