Pemkab Tuban Berupaya Tingkatkan Mutu TPQ

kotatuban.com – Beberapa langkah terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Tuban dalam upaya meningkatkan mutu kelembagaan pendidikan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ). Setelah disahkan Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pendidikan Karakter dan Akhlak Mulia serta di perkuat dengan Perbup Nomor 5 Tahun 2018 tentang Gerakan Gemar Mengaji.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, menjelaskan tentang implementasi penerapan Perda Nomor 6 Tahun 2016 dan Perbup Nomor 5 Tahun 2018 yang merupakan wujud dari Revolusi mental dengan penguatan pendidikan karakter yang digaungkan oleh Presiden RI, Joko Widodo mulai tahun 2014 yang lalu.

Dalam pembangunan karakter, agama sangat diutamakan oleh karena itu bersama DPRD, Pemkab Tuban membuat Perda tersebut dengan harapan tercipta generasi penerus yang baik dan Qur’ani.

“Kita berharap yang terbaik untuk penerus bangsa,” ujar Sekda pada acara Penguatan Kelembagaan TPQ Tahun 2018 di Hotel Bukit Wilis Jenu.

Oleh karena itu, kelembagaan dan manajemen TPQ menurut Sekda akan terus dikembangkan termasuk dengan Sarana Prasarana, Kurikulum, SDM dan juga proses kelulusannya. Harapannya akan dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas sehingga bisa dijadikan rujukan dan acuan dalam menjalankan TPQ.

”Dalam membuat SOPnya harus melibatkan semua stakeholder pendidikan TPQ. Sehingga, SOP akan sesuai standar yang diharapkan,” tambahnya.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini berharap, TPQ lebih optimal untuk menjadi motor pendidikan akhlak mulia, dalam membangunnya harus dilakukan secara bertahap dengan dukungan semua stakeholder.

“Pemerintah saat ini akan mengubah paradigma berfikir, kedepan kita akan lebih fokus pada pola-pola pendampingan langsung karena hal ini dirasa lebih efektif,” tegas sekda.

TPQ oleh Sekda diharapkan juga tidak hanya ‘mengaji’ dalam arti sempit, tetapi di TPQ selain belajar Al-Qur’an juga diisi kegiatan lainnya yang tetap mengajarkan nilai-nilai Qur’ani, TPQ kedepan juga dituntut menjadi semakin profesional.

“Ditahun mendatang, Kabupaten Tubanmenjadi tuan Rumah MTQ Jawa Timur, mungkin untuk menyemarakkannya juga bisa dilaksanakan kegiatan lomba antar TPQ Se-Jatim, mungkin hamper sama dengan FASI, tetapi lebih menonjolkan TPQ-nya,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban