Tanggul Karanglo Jebol, Muncul Anak Sungai Baru

image
Anak sungai akibat jebolnya tanggul Karanglo

kotatuban.com-Jebolnya tanggul sungai di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek mengakibatkan anak sungai muncul di tengah ladang pertanian milik warga. Sungai dadakan yang diperkirakan memiliki panjang dua kilo meter tersebut membentang dari Desa Karanglo hingga Jalan Raya Kerek, Desa Margomulyo.

Memurut Lastri, petani warga Desa Karanglo, yang  memiliki lahan tidak jauh dari sungai akibat erosi tersebut, anak sungai sudah terbentuk sejak hujan lebat musim hujan ini. Sungai itu terbentuk akibat tanggul sungai dari waduk jebol sepanjang kurang lebih tiga meter.

Derasnya air kemudian mengakibatkan erosi tanah lahan pertanian dengan lebar kurang lebih dua meter dengan kedalaman satu setengah meter yang saat ini ditanami kacang oleh pemilik lahan.

“Sudah lama mas, jebolnya. Itu juga mau diperbaiki. Tapi belum selesai ada hujan deras tadi malam, makanya ini jadi sungai lagi,” jelas Lastri.

Lastri mengaku, akibat sungai yang terbentuk itu sebagian kecil lahan milik warga yang terkena erosi tidak dapat ditanami, bahkan tanaman jagung dan kacang tepat di lahan itu sudah hanyut dibawa arus.

“Banyak yang hilang, wong ini panjang sampai jalan raya besar di Kerek sana mas,” terang Lastri sambil menunjuk arah barat.

Meski lahan milik Lastri tidak menjadi sasaran erosi air sungai, dia berharap pemerintah segera menyelesaikan perbaikan tanggul agar saat terjadi hujan erosi tidak meluas dilahan miliknya.

“Ini di pojok lahan milik saya hampir kena. Harapannya tanggul itu segera diperbaiki, jadi anak sungai itu tidak sampai merembet ke  ladang saya,” harap wanita itu. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban