Tanggul Retak Warga Kedungharjo Resah

Tanggul utama di Desa Kedungharjo, Widang mulai menganga tergerus air Benagwan Solo
Tanggul utama di Desa Kedungharjo, Widang mulai menganga tergerus air Benagwan Solo

kotatuban.com-Tanggul utama sungai Bengawan Solo, di Desa Kedungharjo,  Kecamatan Widang, Tuban, ambles dan retak sepanjang lebih dari 8 meter. Kondiri tersebut membuat warga sekitar tanggul resah, lantaran jarak tanggul dengan pemukiman mereka hanya beberapa meter saja.

Menurut Kepala Desa Kedungharjo, Siman Jaya, retakan diketahui sejak sepekan terakhir dengan lebar antara 12 hingga 20 centimeter.

“Sekitar seminggu ini, mungkin karena hujan deras dan meningkatknya debit Bengawan Solo. Setelah air surut tanggul menganga, “ kata Siman Jaya, Senin (14/12).

Retakan tidak hanya terjadi pada penyangga beton bagian utama tanggul. Dibagian dalam juga ambles sepanjang hampir 50 meter, dan langsung berhadapan dengan arus sungai. Untuk memperkuat tanggul, warga memasang batang bambu agar tanggul tidak mudah longsor terkikis air.

“Warga secara swadaya memasang batang banbu agar tanggul lebih kuat,” terang Kepala Desa itu.

Retaknya tanggul itu sudah dilaporkan ke Kecamatan Widang. Harapan warga, tanggul itu segera diperbaiki agar tidak bertambah menganga dan mengancam keselamatan warga. Sebab, jika tanggul itu sampai jebol dipastikan air Bengawan Solo akan meluap dan banjir tidak terelakkan. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban