Teladani Jenderal Soedirman TNI AD Napak Tilas

Napak tilas TNI AD
Napak tilas TNI AD

kotatuban.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) melakukan napak tilas peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya di tahun 2015, menempuh jarak 219,7 kilo meter (Km). Pemberangkatan napak tilas tersebut dimulai dari Alun-alun Tuban dan finish di Kodam V Brawijaya Surabaya, Rabu (16/12).

Napak tilas tersebut  bertujuan untuk mengenang keteguhan hati, pengorbanan dan semangat juang yang tidak mengenal menyerah dari sosok Panglima Besar Jenderal Soedirman. Sekaligus, kegiatan tersebut untuk menyambut hari ulang tahun Infanteri ke 57 tahun.

Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, usai apel pemberangkatan pleton mengatakan, bahwa tradisi perjalanan ini untuk mengenang sejarah semangat perjuangan dari Panglima Besar Jenderal Soedirman. Sedangkan, rute yang ditempuh sejauh 219,7 kilo meter dengan cara estafet, yakni bergantian satu peleton satu peleton.

”Peserta gerak jalan ini terdiri dari 10 Peleton, setiap peleton terdiri 37 orang,” terang, Brigjen TNI Joppye.

Menurutnya, sesuai rute dan jadwal gerak jalan ini akan berakhir pada hari Sabtu nanti, (19/12), dengan finish di lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya. Sebelum pemberangkatan ada apel dan pembacaan amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman. Sehingga, anggota mampu meneladani sikap dan semangat Jenderal Soedirman.

”Peserta jalan sendiri menggunakan perlengkapan sebagai simbul kops Infanteri. Seperti seragam Pakaian Dinas Lapangan Tempur (PDL), Senjata SS-1, dan Ransel, yang merupakan simbul administrasi,” pungkasnya. (duc)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban