Terima CSR SIG, Kecamatan Merakurak Dorong Permberdayaan Masyarakat

Kotatuban.com – Dengan bergulirnya  program Corporate Social responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban di Kecamatan Merakurak dapat mendorong pemberdayaan masyarakat. Sehingga, dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Koordinator Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Merpati, Kecamatan Merakurak, Moh. Dasam mengatakan pada tahun 2020 FMK Merakurak melaksanakan beberapa program pemberdayaan masyarakat yang disupprot Semen Indonesia.

“Kegiatan pemberdayaan yang kita lakukan ada pembuatan sentra kuliner yang berada di Desa Sambonggede, pembuatan nata the coco yang berada di Desa Borehbangle, ternak domba yang berada di Desa Sumber, dan berbagai pemberdayaan lainnya,” terang Dasam, Selasa (26/1/2021).

Kepala Desa Sambonggede, Yemmy Tristantono mengucapkan banyak terimakasih kepada Semen Indonesia yang telah melaksanakan program pembuatan sentra kuliner di desanya melalui FMK. Dengan keberadaan sentra kuliner tersebut secara otomatis pemberdayaan masyarakat juga akan tumbuh.

“Ini kan dekat dengan area wisata yang kita miliki. Sehingga, juga dapat menopang keberadaan area wisata tersebut. Sentra kuliner ini akan kita kususkan untuk warga Sambonggede,” ungkapnya.

Sementara itu, Community Development officer SIG Pabrik Tuban, Siswanto, menegaskan bahwa agenda serah terima program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban ini merupakan momentum yang baik untuk bersama-sama memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

“Program CSR 2020 yang diserahterimakan pada masyarakat 26 desa dan 3 kecamatan senilai RP 7,1 M,” ujarnya.

Menurutnya, proporsi program tersebut terdiri dari program bertema pemberdayaan masyarakat sebesar 80%, tema peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 11%, berikutnya pada tema peningkatan kapasitas sebesar 6% dan 4% di tema karitatif.

“Program ini dikelola secara akuntabel dan partisipatif bersama kelompok penerima manfaat, tujuannya agar meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat sekitar perusahaan secara merata dan tepat sasaran,” kata Siswanto.

Lebih lanjut, Siswanto mengatakan, kegiatan ini ialah wujud komitmen perusahaan Semen Indonesia  Pabrik Tuban dalam menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat sekitar, serta upaya serius untuk menjalin hubungan yang semakin baik dan berkelanjutan antara perusahaan dan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan yang sama, Camat Merakurak, Breddy Ariyanto menyambaikan terimakasih atas kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan Semen Indonesia selama ini. Pada kesempatan itu, Breddy juga berpesan agar program pemberdayaan yang dilaksanakan perusahaan harus tepat sasaran, sehingga dapat mengentaskan kemiskinan.

“Saya berpesan agar kegiatan yang dilakukan perusahaan ini melibatkan masyarakat miskin. Data masyarakat miskin yang resmi ada di desa. Sehingga, program pemberdayaan masyarakat benar-benar tepat sasaran,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban