Tiap Bulan Penghuni Lapas Dikenakan Iuran ‘Wajib’

Warga Lapas saat sosialisasi Pilkada
Warga Lapas saat sosialisasi Pilkada

kotatuban.com– Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 B Tuban setiap bulannya dikenakan iuran ‘wajib’ lebih dari Rp 50.000. Meski mereka merasa keberatan, namun, tidak ada satu pun penghuni Lapas yang berani menolaknua.

Menurut sejumlah penghuni Lapas, iuran itu diantaranya untuk membeli air minum, kebersihan dan buang sampah. “Semua di sini bayar. Mau tidak mau itu harus, kami tidak berani menolaknya,” terang salah satu penghuni Lapas yang diamni sejumlah penghuni lainnya usai mengikuti sosialisasi Pilkada Tuban, Selasa (17/11).

Ditambahkan, setiap dibesuk keluarganya hampir dipastikan dia dan penghuni lainnya meminta uang. Uang itu untuk membayar sejumlah kebutuhan yang sudah ditentukan.

“Yang narik ya petugas, saya tidak tahu pasti, apakah ini aturan resmi atau hanya kebijakan petugas saja,” tambah lelaki yang telah menghuni Lapas lebih dari tiga bulan itu.

Sementara itu, Kabag Tata Usaha Lapas Tuban, Wahyudi menyatakan, semua kebutuhan penghuni Lapas Tuban yang hingga hari ini berjumlah 328 semua sudah dipenuhi negara. Sehingga, tidak ada iuran yang dibebankan kepada penghuni Lapas.

“Semua sudah dipenuhi negara, sama sekali tidak ada iuran untuk penghuni. Kalau ada yang berani meminta uang penghuni Lapas itu pelanggaran yang sangat berat,” tegas Wahyudi usai mendampingi Yayuk Dwi Agus Sulistyarini, Komisioner KPUK Tuban. (yit)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban