Tiga Kecamatan di Tuban Jadi Pilot Projek Program SPR

image
Peternal tengah membersihkan kandang sapi

kotatuban.com-Tiga kecamatan di Kabupaten Tuban menjadi percontohan program Sentra Peternakan Rakyat (SPR). Program dari Pemerintah Pusat itu sebagai upaya mengembangkan sektor peternakan di daerah.

“Tiga kecamatan akan menjadi pilot projek yakni Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Palang, dan Kecamatan Tambakboyo,” ujar Kepala Bidang Petrnakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Tuban, Pipin Diah Larasati, Senin (11/01).

Saat ini kata Pipin, pihaknya telah bekerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang, untuk memberikan edukasi di kecamatan yang ditunjuk sebagai pilot projek.

“Kita sudah bekerjasaman dengan Universitas Brawijaya, kami juga akan menjalin kerjasama dengan universitas lain yakni UGM,” terangnya.

Program edukasi peternakan itu akan berlangsung selama tig tahun. Dalam kurun waktu tiga tahun tersebut ditargetkan kecamatan yang menjadi percontohan mampu mengembangkan bisnis peternakan dengan baik sebagai indikator keberhasilan program ini.

“Selama ini pemilik ternak atau sapi hanya menjadikan sapi itu sebagai tabungan, ini adalah pola berternak yang salah dan sulit berkembang,” katanya.

Pipin berharap, program pemerintah pusat terebut dapat merubah pola berternak masyarakat selama ini agar tidak sekedar memelihara untuk tabungan atau kebutuhan mendesak  namun, juga berfikir bisnis dari memelihara ternak.

“Harapan kami, program ini sukses, sebagai salah satu upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil atau peternak,” pugkas Pipin. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban