Tim SAR BPBD Siaga Penuh di Daerah Rawan Banjir

image
BPBD siaga di daerah rawan banjir

kotatuban.com– Meski air Bengawan Solo semakin surut, namun, warga di bantaran Bengawan Solo di Tuban tetap meningkatlan kewaspadaan.Posisi papan duga Bojonegoro yang masih berada di atas siaga hijau berpotensi banjir di daerah hilir Tuban.

“Saat ini, papan duga di Babat terus mengalami kenaikan, itu artinya kewaspadaan saat kita tingkatkan di Tuban karena di Karangnongko menurun,” ujar Kasi Kesiapsiagaan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Saefiyudin, Sabtu (13/02).
 
Asep, sapaan akrab Saefiyudin menjelaskan, posisi ketinggian air Bengaan Solo di papan duga Karangnongko lebih tinggi dibanding dengan banjir pertama yang terjadi pada Selasa (9/2) lalu, itu berarti potensi akan lebih besar di daerah Tuban.

“Ketinggian air lebih besar daripada Selasa lalu, kami khawatir potensi banjir akan lebih besar juga dihilir,” terangnya.

Demi mengantisipasi hal-hal yang idak diinginkan, tim sar BPBD juga bersiaga di lokasi potensi banjir untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu air meluber langkah darurat dapat dilakukan.

“Kita bersama tim ke lokasi, kami akan mobile ke beberapa lokasi yang kami nilai rawan,” terang Asep.

Adapun pantauan terakhir ketinggian air dipapan duga Bojonegoro hingga pukul 12.00 siang,  masih berada di angka 14.20 Phielschal, atau diatas siaga hijau (13.00), sementara dipapan dga Kecamatan Babat berada pada angka 7.80 Phielschal lebih atau diatas siaga hijau (7.00), dari pantauan sebelumnya berada di 7.76.

“Kami minta kepada warga dibantaran mulai kecamatan Parengan, Soko, Rengel, Plumpang hingga Widang meningkatkan kewaspadaan, mudah-mudahan air tidak meluber, karena posisi lokal tidak di guyur hujan dan tidak ada tambahan folume air,”  imbau Asep.

Sementara itu, kondksi anak sungai Bengawas Solo di Kecamatan Parengan, yakni sungai Kening yang sempat meluber juga berstatus aman. Posisi hulu yang tidak hujan membuat sungai tersebut tidak terlalu banyak berkontribusi terhadap penambahan volume air Bengawan Solo di Tuban

“Sungai Kening aman, daerah hulunya tidak hujan jadi suplai air ke Bengawan Solo tidak terlalu banyak, “ pungkas Asep. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban