Tim Terompah Panjang dan Dagongan Ke Bali Wakili Jatim di Ajang Nasional

Atlit olahraga Tradisional sebelum berangkat ke Bali
Atlit olahraga Tradisional sebelum berangkat ke Bali

kotatuban.com- Sebanyak 22 atlit olahraga tradisional, Dagongan dan Terompah Panjang Tuban mewakili Jawa Timur dalam lomba tingkat nasional di Bali, 8 Oktober hingga 11 Oktober. Atlit kebanggaan warga Bumi Ewali itu diberangkatkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sutrisno, Kamis (08/10).

Tim olahraga tradisional itu mewakili Jawa Timur dalam perlombaan Dagongan Putra dan Terompah Panjang Putra-Putri. “Kami mohon doa restunya semoga bisa sukses dengan emmbawa kemenangan,” ujar pembina olahraga Tradisonal, Rasul, sebelum mengawal keberangkatannya ke Bali, Kamis (08/10).

Ditambahkan lelaki yang juga menjabat Kepala Seksi (Kasi) Bidang Pemuda, Pordikmas dan Jarahnitra Disdikpota Tuban itu, dengan menjadi juara nantinya Tuban bakal mewakili lomba yang sama di kancah Internasional.

Ditambahkan Rasul, olahraga ini meski tidak setenar sepakbola atau bola voli dan olahrga lainnya, namun, pihaknya bertekad mengembangkan olahraga yang tidak populer di kalangan generasi muda. Regenerasi terus dilakukan, sehingga, Tuban tidak kehabisan stok atlit olahraga tradisional terbaiknya.

Belum lama ini pihaknya telah mengadakan lomba olahraga tradisonal tingkat kabupaten. Langkah ini dilakukan, selain untuk mencari bibit-bibit unggul untuk regenerasi juga berharap olahraga yang tidak populer ini menjadi populer dan diminiati generasi muda. Lomba olahraga tradisonal itu digelar di GOR Ranggajaya Anoraga dan dikuti siswa-siswi tingkat SLTP dan SLTA se Kabupaten Tuban.

Olahraga yang dilombakan kali ini diantaranya, Halang Rintang atau dikenal Gobag Sodor yang dikuti 29 (pa) dan 31 (pi), Egrang (31 (pa) dan 19 (pi). Terompah Panjang untuk putra diikuti 30 regu dan untuk putri diikuti 28 regu.

Sementara untuk olahraga Dagongan dibagi dalam kelas A,B,C dan D. Masing diikuti, 7 (pa) dan 8 (pi), 13 (pa), 9 (pi), 8 (pa), 8 (pi), 8 (pa) dan 7 (pi). (yit)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban