Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Ternak Kambing

Kotatuban.com – Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak memanfaatkan program Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2021 dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban diprioritaskan untuk pemberdayaan masyarakat, yakni ternak kambing.

Kepala Desa Pongpongan, Luqmanul Hakim mengatakan ada 33 orang yang mendapatkan kambing dari program CSR Semen Indonesia, dan perorang mendapatkan seekor. Sedangkan, pengawasan terhadap kambing-kambing tersebut dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Kambing dari SIG ini kita prioritaskan untuk masyarakat yang kurang mampu. Harapannya, dapat berkembang biak dengan baik,” ungkap Luqmanul Hakim.

Dia berharap, para penerima ini dapat merawat kambing dengan baik. Sehingga, dapat membantu ekonomi keluarga. “Status kambing ini milik Bumdes jadi tidak kita berikan cuma-cuma kepada warga. Nanti kalu sudah menjadi tiga atau empat ekor, indukannya akan kita gulirkan kepada orang lain yang membutuhkan,” terangnya.

Luqmanul Hakim optimis bahwa kambing yang diberikan kepada warga masyarakat Pongpongan tersebut akan berkembang biak dengan baik. Pasalnya, mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Sehingga, untuk makanan ternak cukup melimpah. Dan hewan ternak tersebut dianggap sebagai tabungan oleh masyarakat.

“Kita yakin kalau kambing akan berkembang biak dengan baik. Seperti kambing yang bantuan tahun 2020 itu juga berkembang sangat baik, dan sekarang sudah semakin banyak,” ujarnya.

Menurutnya, selain ternak kambing ada beberapa program pemberdayaan lain yang diberikan perusahaan milik Negara tersebut pada tahun 2021 di Desa Pongpongan. Yakni, koperasi pondok pesantren, pembuatan kue, pengadaan perlengkapan bola volley, dan pengadaan peralatan albarjanji.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada Semen Indonesia yang telah menggulirkan berbagai program di Desa Pongpongan. Dan saya berharap masyarakat mampu menjalankan dan merawat apa-apa yang telah diberikan perusahaan,” tandasnya.

Sementara itu, Tuban Community Devlopment Officer, Siswanto, ST mengatakan, nilai total program pemberdayaan pada tahun 2021 kurang lebih 7 miliar untuk 26 desa dan 3 kecamatan.

“Kami berharap masyarakat atau TPK yang mengerjakan program ini sungguh sungguh dan berkelanjutan bukan hanya pelaksanaan sesaat atau jangka pendek saja. Tetapi kami berharap pemberdayaan tersebut dapat tumbuh dan mandiri,” harapnya.

Pada tahun ini terdapat 143 program pemberdayaan  yang di support CSR Semen Indonesia Pabrik Tuban, yang terbagi dalam beberapa klaster antara lain klaster kambing, unggas, ikan, konveksi, usaha kreatif, irigasi, kebun, kuliner dan wisata.

“Perusahaan berharap program ini berkelanjutan serta memberikan manfaat nyata bagi peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tuban  dan yang paling penting semoga perusahaan terus bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” pungkasnya. (rto)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban