Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan, Dinkes Tuban Integrasikan Posyandu Dengan PAUD

kotatuban.com– Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan dasar sekaligus melakukan pendidikan kesehatan kepada masyarakat, akan mengintegrasikan kegiatan Posyandu dengan sentra-sentra pendidikan anak seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Bina Keluarga Balita (BKB) dan Tempat Penitipan Anak (TPA).

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa tanggungjawab Dinas Kesehatan Tuban kepada masyarakat sekaligus sebagai langkah penyadaran pentingnya kesehatan. Peran Posyandu dalam sistem pelayanan kesehatan dipandang  penting terutama dalam kegiatan imunisasi, gizi, dan upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak ( KIA), penanggulangan diare, dan penyuluhan kesehatan masyarakat.

Kegiatan Advokasi dan pengembangan Tim Taman Posyandu, di Hotel Bali Rich, Tuban
Kegiatan Advokasi dan pengembangan Tim Taman Posyandu, di Hotel Bali Rich, Tuban

”Melalui kegiatan ini diharapkan akan terjadi peningkatan pengetahuan dan kapasitas kader posyandu dan grup PAUD khususnya dalam pemantauan tumbuh kembang anak,” ujar Lulut Purwanto, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinkes Tuban, usai kegiatan advokasi dan pengembangan tim taman Posyandu, di Hotel Bali Rich, Tuban, Selasa (2/12).

Menurut Lulut, Taman Posyandu adalah layanan Posyandu yang terintegrasi dengan Pos Pendidikan Anak Usia dan Bina Keluarga Balita. Dimana dilaksanakan pengembangan Posyandu dan pengembangan anak usia dini serta pengasuhan balita oleh orang tua di kelompok BKB. Sehingga balita akan mendapatkan layanan secara menyeluruh, baik kesehatan, stimulasi pendidikan dan pengasuhan oleh orang tuanya.

”Keberhasilan Taman Posyandu terletak pada kinerja masyarakat itu sendiri terutama para kadernya sebagai pelaksana Taman Posyandu. Namun kader tidak bisa bekerja sendiri, kader perlu mendapat dukungan kongkrit baik dari masyarakat maupun instansi terkait mulai tingkat desa hingga kabupten,” terang Lulut.

Seiring dengan pengembangan Taman Posyandu, juga dilaksanakan beberapa kegiatan lain guna meningkatkan mutu dan kualitas kader, misalnya pendampingan posyandu yang melibatkan kader kesehatan, tokoh masyarakat, maupun LSM.

Selain itu juga dilaksanakan Jambore Kader Posyandu, Magang kader Taman posyandu, Evaluasi Pelaksanaan Taman posyandu, workshop Taman Posyandu. Bahkan pada tahun 2015 pada saat Jambore Kader tingkat Provinsi, Tuban mendapat Juara 1 lomba Kader Paud dan Juara 3 Lomba Kader Posyandu.

”Harapan kami, integrasi ini berjalan maksimal untuk mencapai tujuan bersama peningkatan mutu dan kualitas layana posyandu. Selain bidang kesehatan kegiatan ini juga melibatkan pihak lain seperti bidang CSR perusahaan juga Bapemas dan KB, serta Dinas Pendidikan,” imbuh Lulut. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban