TKI Asal Tuban ke Luar Negeri Menurun

kotatuban.com-Dinas Sosial dan transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tuban, berhasil menekan angka Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berangkat ke luar negeri.

“TKI asal Tuban tahun 2015 mengalami penurunan sampai 31 orang dibanding tahun sebelumnya, “ ungkap Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinsosnakertrans Tuban, Suwahyu, Sabtu (09/01).

Menurut Wahyu, jumlah warga Tuban yang bekerja di luar negeri tahun 2015 sebanyak 49 orang. Sementara pada 2014 lalu sebanyak 80 orang.

Penurunan ini disebabkan larangan pemerintah mengirim tenaga kerja asal Indonesia ke Timur Tengah yang menjadi kawasan terbanyak tujuan TKI. Selain itu juga upaya pemerintah melalui peningkatan keterampilan sehingga banyak warga yang memilih berwirausaha di daerahnya.

Pemerintah melarang TKI bekerja di sedikitnya 21 negara di timur tengah, yakni Negara Aljazair, Arab Saudi, Bahan, Irak, Iran, Kuwait,Lebanon, Libiya, Mauritania, Mesir, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Sudan, Suriah, Tunisia, UEA, Yaman dan Jordania.

“Larangan ini disebabkan banyaknya permasalahan yang kerap terjadi di  negara itu terhadap TKI,” jelas Suwahyu.

Sementara itu, catatan Dinsosnakertrans Tuban, sebagian besar TKI asal Indonesia yang diberangkatkan ke luar negeri bekerja di sektor formal di perusahaan sebanyak 60 persen, sisanya bekerja di sektor informal, seperti asisten rumah tangga dan sejenisnya. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban