TPID Jenu Study Tiru ke Gunung Kidul

kotatuban.com – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Jenu didampingi langsung Camat Jenu Moh. Maftuchin Riza melakukan study tiru atau replikasi program di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Maju Mandiri, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

‘’Kegiatan study tiru ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Tuban yang telah dilaksanakn pada November kemarin,’’ terang Ketua TPID Kecamatan Jenu, Imron, Sabtu (29/12).

Menurutnya, Bumdes Maju Mandiri yang ada di Gunung Kidul tersebut memiliki berbagai macam unit usaha, diantaranya pengelolaan tempat wisata, pengelolaan sampah, koperasi simpan pinjam, persewaan peralatan pesta, dan ada juga pasar desa. Dan semua unit usaha tersebut berjalan dengan baik. Selain itu, yang terpenting dapat mendongkrak ekonomi masyarakat desa. 

‘’Unit-unit usaha yang ada disana beberapa dapat kita aplikasikan di Kecamatan Jenu. Misalnya, pengelolaan tempat wisata, bank sampah, pasar desa, maupun koperasi simpan pinjam bisa kita lakukan,’’ ungkapnya. 

Sementara itu, Camat Jenu, Moh. Maftuchin Riza berharap setelah melakukan study tiru di Gunung Kidul TPID dan Pendamping Desa dapat segera berkolaborasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk menggali potensi yang ada di masing-masing desa. 

‘’Mari ilmu yang telah kita dapatkan dari study tiru di Gunung Kidul secepatnya kita aplikasikan,’’ tandasnya. 

Menurutnya, di wilayah Kecamatan Jenu juga memiliki berbagai potensi yang dapat dikelola dengan baik. Misalnya tepat wisata, bank sampah, pasar desa, dan berbagai potensi yang lainnya. 

‘’Tinggal kita memaksimalkan potensi yang ada itu, untuk kesejahteraan masyarakat Jenu,’’ pungkasnya. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban