TPPI Produksi BBM 70 Ribu BPH

 

Joowi bersama rombongan saat meninjau kilang minyak TPPI di Desa Remen, Kecamatan Jenu
Joowi bersama rombongan saat meninjau kilang minyak TPPI di Desa Remen, Kecamatan Jenu

kotatuban.com – Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional sebesar 1,5 juta barel perhari. Sedangkan, produksi BBM saat ini baru 800 ribu barel perhari, artinya masih ada kekurangan BMM sebanyak 700 ribu barel per hari (BPH).

Sehingga, dengan dioprasikannya kilang minyak Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu dapat mengurangi kebutuhan BBM nasional. TPPI sendiri dapat menyumbang kebutuhan premium nasional sebesar 19 persen dan solar sebesar 11 persen.

”Dengan beroperasinya TPPI kita dapat menekan impor sebesar  US$ 2,6 miliar per tahun. Penghematan sebesar US$ 2,6 miliar itu kalau kita tambah dengan kilang minyak Cilacap. Untuk Cilacap dapat menyumbang premium sebesar 10 persen dari kebutuhan nasional, dan solar 29 persen,” ungkap Presiden Joko Widodo kepada sejumlah wartawan saat mengunjung kilang minyak TPPI, Rabu (11/11).

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, sejak beroperasi pada 7 Oktober lalu TPPI dapat menghasilkan BBM sebesar 70 ribu barel per hari (bph). Kedepan ditargetkan kilang minyak yang berdiri sejak tahun 1995 tersebut dapat memproduksi BBM sampai 100 ribu barel per hari.

”Inikan baru beroperasi 70 persen, dan akhir tahun 2015 ini kita targetkan dapat beroperasi 100 persen,” terang, mantan Dirut PT Semen Indonesia tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengunjungi kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Rabu (11/11). Kunjungan Jokowi ke kilang TPPI ini dalam untuk mengecek kesiapan kilang minyak tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I. G. N. Wiratmaja, dan Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban