TPPI Tekan Impor Premium 19 Persen

Presiden Jokowi saat meninjau kilang minyak di lokasi TPPI Tuban
Presiden Jokowi saat meninjau kilang minyak di lokasi TPPI Tuban

kotatuban.com – Presiden Joko Widodo mengunjungi kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Rabu (11/11). Kunjungan Jokowi ke kilang TPPI ini dalam untuk mengecek kesiapan kilang minyak tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I. G. N. Wiratmaja, dan Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto.

Menurut Presiden Jokowi, kilang TPPI beroperasi kembali awal Oktober 2015 setelah beberapa tahun tidak beroperasi. Dan saat ini kilang minyak yang berdiri sejak tahun 1995 tersebut telah beroperasi 70 persen.

”Akhir tahun 2015 ini kilang minyak TPPI kita targetkan akan beroperasi 100 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan, kilang TPPI tersebut dapat memproduksi premium sebanyak 61 ribu barel per hari (bph). Selain itu, dengan beroperasinya kembali kilang minyak yang ada di Tuban tersebut dapat menekan impor premium sebesar 19 persen dari kebutuhan nasional. Selain itu, juga mampu menekan impor solar sebesar 11 persen.

”Dengan dapat ditekannya impor premium dan solar ini akan berdapak pada penghematan anggaran yang tidak sedikit. Sehingga, anggaran tersebut dapat kita alokasikan untuk kebutuhan lain,” pungkasnya. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban