Trauma Banjir, Warga Sugiharjo Gotong Royong Bersihkan Sungai

Warga bergotong royong membersihkan sungai untuk mengantisipasi banjir
Warga bergotong royong membersihkan sungai untuk mengantisipasi banjir

kotatuban.com – Takut ancaman banjir bandang menerjang pemukiman, Warga Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, ramai-ramai bergotong royong membersihkan sungai yang melintas di desa tersebut.

Dengan dikoordinir Kepala Desa, warga terlihat kompak membersihkan sungai, saluran air dan gorong-gorong yang ada di lingkungan mereka. Mereka membersihkan sampah sisa banjir yang hanyut dan mengendap didasar sungai, seperti sampah, batang pohon, hingga akar bambu yang menghalangi aliran air. Benda-benda ini, tampaknya terbawa arus air yang berasal dari kawasan hulu sungai.

Sungai yang hulunya berada di kawasan Desa Jadi, Kecamatan Semanding tersebut hampir dapat dipastikan selalu meluap saat curah hujan tinggi. Banyaknya sampah yang ada di dasar sungai membuat aliran tidak lancar dan meluber ke pemukiman warga.

“Kalau hujan, sungai sering meluap, makanya ini dibersihkan untuk mencegah banjir,” jelas Kepala Desa Sugiharjo, Karso.

Karso mengatakan, bersih sungai dimulai dari bendungan sukun, serta beberapa titik yang ditengarai banyak tumpukan sampah. Pekerjaan ini, merupakan bagian dari upaya normalisasi saluran air agar desa terhindar dari banjir.

“Ini merupakan agenda rutin di desa kami. Gotong royong di Desa Sugiharjo sampai sekarang memang masih sangat melekat di tengah masyarakat,  jelasnya.

Karso berharap, dengan kegiatan bersih-bersih tersebut, tidak akan terjadi banjir akibat tersumbatnya aliran air. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban