Tuban Bakal Berangkatkan 883 CJH

kotatuban.com – Sebanyak 883 Calon Jamaah Haji (CJH)telah siap berangkat ke Tanah Suci Makah untuk melaksanakan ibadah haji pada 1Agustus 2019 mendatang. Saat ini ratusan calon tamu Allah tersebut telah mengikuti Bimbingan Manasik Haji Massal II tahun 1440 H/2019 M di kompleks Perumdin PT Semen Indonesia (SI), Kecamatan Merakurak.

Hadir pada kegiatan ini Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Kepala Kemenag Tuban, Dirut Produksi SI, Ketua MUI Tuban, Kabag Kesra Pemkab Tuban serta seluruh Kepala KUA se-Kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Fathul Huda mengapresiasi kepada Kemenag Tuban dan PT SI yang telah memfasilitasi penyelenggaraan bimbingan manasik haji. Juga kepada para pembimbing yang ikhlas memberikan edukasi kepada CJH.

“Jika ada kesulitan harus segera dicari solusinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, bupati menerangkan haji merupakan puncak rukun islam, karenanya rukun islam yang lain harus dituntaskan terlebih dahulu. Sebagai puncak rukun islam, haji memiliki keistimewaan.

Salah satunya menjadi ibadah yang mencakup ibadah fisik, harta, dan hati. Pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT bagi CJH diibaratkan bayi yang baru lahir dan memperoleh kemabruran haji.

Di samping itu, ibadah haji memerlukan kesabaran, karena waktu tunggu bagi pendaftar sampai 10 tahun.

“Oleh karena itu harus disyukuri dengan melaksanakan haji dengan sebaik-baiknya,” himbau bupati dua periode ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban dan pihak lain yang terlibat. Manasik massal ini menjadi kegiatan paripurna dari serangkaian bimbingan bagi CJH.

“Para CJH telah mendapat bimbingan dari KUA dan lembaga bimbingan haji, materi dan praktek,” ujarnya.

Pada tahun 2019 ini, lanjut Sahid, CJH yang berasal dari Kabupaten Tuban tergabung gelombang 2, yang terbagi di kloter 76 dan 77. Dijadwalkan pada 1 Agustus mendatang, bertempat di Pendopo Krido Manunggal, Bupati Tuban akan melepas keberangkatan seluruh CJH.

“Selanjutnya, pada 2 Agustus, akan diterbangkan melalui bandara Juanda dan dijadwalkan tiba di bandara Jeddah pada 17.45 WAS,” terangnya. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban