Tuban Berpotensi Budidaya Kerapu dengan Keramba Apung

kotatuban.com – Potensi budidaya ikan di Kabupaten Tuban masih tinggi, salah satunya dengan budidaya ikan dengan sistem keramba apung.

Kepala Diskanak Kabupaten Tuban, M. Amenan, menyebutkan, potensi budidaya ikan kerapu dengan keramba apung yang dikembangkan di Tuban memiliki potensi yang bagus. Sebab, pantai Tuban cocok digunakan sebagai budidaya ikan kerapu dengan sistem keramba apung.

‘’Untuk pantai yang di Bancar ini cocok digunakan untuk budidaya ikan kerapu dengan keramba apung ini. Kita kedepan bakal mengembangkan kedaerah lain bila memungkinkan,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan, dari modal keramba apung senilai 300 juta rupiah yang terbagi dalam 8 petak, yang efektif dipakai 7 petak, sedangkan 1 petak lainnya digunakan untuk proses sortir dan pemisahan bibit. Setiap petak dapat menampung 400-500 bibit kerapu dengan masa pemeliharaan 6- 7 bulan

‘’Itu dapat mengasilkan kurang lebih140 kwintal dengan asumsi harga 85 ribu perkilogramnya maka akan mendapatkan nilai kotor sekitar 120 juta rupiah. Adapun untuk biaya pemeliharaan dan operasional berkisar 50-60 persen,’’ terangnya.

Menurutnya, keramba apung yang ada tersebut merupakan hibah dari Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2017 sebanyak 2 unit yang dihibahkan kepada 2 kelompok nelayan Desa Bulu  Kecamatan Bancar. Selanjutnya akan direncanakan program bantuan hibah sebanyak 2 unit Keramba apung pada tahun 2019 dari dana APBD Kabupaten Tuban. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban