Tuban Jadi Pilot Project Kartu Ternak

image
Sosialisasi kartu ternak

kotatuban.com – Kabar gembira bagi pemilik hewan ternak di Kabupaten Tuban. Pasalnya, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban sebagai pilot project akan segera memberlakukan penggunaan kartu identitas ternak untuk seluruh peternak sapi di Kabupaten Tuban.

”Tuban ini sebagai pilot project kartu identitas ternak. Dan kedepan ini akan diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur,” terang, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Maskur pada sosialisasi kegiatan penerapan kartu ternak sapi dan kerbau Kabupaten Tuban 2015 di gedung Korperi Tuban, Senin (30/03).

Menurutnya, kartu ternak tersebut berisikan pemilik, jenis ternak, asal ternak, dan berbagi informasi lain terkait ternak tersebut. Kartu tersebut sebagai bukti sah kepemilikan ternak, dokumen penting untuk mutasi ternak, dan memudahkan pelayanan kesehatan untuk ternak. Selain itu, juga para petani ternak juga akan mendapatkan IB atau kawin suntik secara gratis.

”Jadi manfaat dari kartu ternak ini sangat besar sekali. Yang paling penting data ternak di Tuban itu mudah terdeteksi. Sehingga, dapat dengan mudah ternak tersebut berasal dari mana,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Maskur mengatakan, sedangkan untuk dana pilot project identitas ternak tersebut sebesar Rp 790 juta. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan dana tersebut merupakan stimulasi.

”Kami berharap nantinya pemerintah kabupaten (Pemkab) dapat melanjutkan program ini. Dan Pak Bupati Tuban telah berjanji akan menjalankan program ini dengan baik,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban